Layar Timbul Garis Kuning

Selasa, 24 Maret 2015 - 11:18 WIB
Layar Timbul Garis Kuning
Layar Timbul Garis Kuning
A A A
TANYA
Mohon solusi atas permasalahan yang saya alami di Lenovo S820. Selasa, 3 Maret lalu saya mendapatkan pemberitahuan untuk memperbarui firmware. Selesai melakukan pembaruan lewat Wi-Fi kantor, di layar ponsel muncul garis kuning. Garis itu sebelumnya tidak ada. Pertanyaan saya, pertama, apakah pembaruan firmware memicu timbulnya garis kuning? Kedua, sekarang S820 itu memakai Android 4.4.2. Sebelumnya versi yang digunakan 4.2. Bisakah saya melakukan downgrade ke versi lama tanpa harus ke pusat perbaikan resmi Lenovo? Sebab, layanan pusat perbaikan resmi Lenovo terkenal lama. Anto di Tangerang

JAWABAN
Pembaruan versi firmware seharusnya takkan memunculkan garis kuning. Dalam kasus ini, kebetulan saja garis kuning di layar itu muncul usai Anda melakukan update firmware. Bisakah di-downgrade tanpa perlu ke pusat perbaikan resmi Lenovo? Idealnya Anda tetap ke pusat perbaikan resmi sih.

Seandainya ingin nekat melakukannya sendiri, Anda tampaknya perlu mengunduh firmware lama dulu. Anda juga harus menyiapkan flashtool dan driver yang dibutuhkan. Langkah detailnya terus terang saya kurang paham. Pesan saya, Anda harus menyadari segala risiko yang berpeluang terjadi ya. Kemungkinan yang terburuk, ponsel Anda akan menjadi bangkai.

Asal tahu, dalam menguji pakai ponsel Android, saya biasanya merujuk kepada standar pabrikan. Saya tidak mengacu kepada kondisi ala tukang oprek. Salah satu contohnya, saya tak pernah melakukan root, apalagi mencoba custom ROM.
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5337 seconds (0.1#10.140)