Pembaruan Versi Android

Selasa, 24 Maret 2015 - 11:18 WIB
Pembaruan Versi Android
Pembaruan Versi Android
A A A
TANYA
Apakah versi Android bisa diperbarui, misalnya, dari Android 4.2 Jelly Bean ditingkatkan menjadi Android 4.4? Satu lagi. Mengapa kartu XL saya sekarang terasa lemot bila dipakai berinternet? Padahal, sisa kuota saya masih ada 2,5 GB. Terima kasih. Wahyu, wahyu***@gmail.com

JAWABAN
Pembaruan alias update versi firmware dari Android 4.2 Jelly Bean ke Android 4.4 Kitkat bukan mustahil dilakukan. Kuncinya bergantung pada produsen ponsel yang Anda gunakan. Apakah mereka telah mengeluarkan pembaruan firmware?

Langkah termudah untuk mengetahuinya, pastikan ponsel terkoneksi dengan internet, lalu masuklah ke menu software update di ponsel Anda. Bila tersedia pembaruan versi firmware, di layar ponsel Anda bakal muncul notifikasi. Anda selanjutnya tinggal mengikuti petunjuk yang tersaji di layar.

Tuntas melakukan pembaruan dari Jelly Bean ke KitKat, Anda sebaiknya melakukan factory reset. Dengan demikian, ponsel akan kembali ”segar” seperti ketika baru saja dibeli. Seandainya usai mengakses menu software update ternyata muncul keterangan kalau software ponsel Anda sudah terbaru, berarti belum tersedia pembaruan. Silakan mencoba kembali lain waktu.

Beralih ke pertanyaan kedua. Kuota yang masih tersisa banyak tak menjamin kelancaran akses internet. Demikian pula dengan sinyal penuh. Saran saya, coba lakukan tiga hal ini.

Pertama, periksalah aturan pemakaian sisa kuota yang Anda miliki. Ada kuota yang hanya berlaku pada pukul 00.00-06.00. Kalau Anda memakainya pada siang hari, koneksi internet akan bengong jaya. Bisa terkoneksi, tetapi hanya jalan di tempat.

Kedua, pastikan pengaturan internet di ponsel Anda sudah benar. Nama APN yang tersimpan harus internet (seluruhnya dengan huruf kecil). Username dan password jangan diisi.

Ketiga, bila Anda berada di area layanan 3G dan tersedia pilihan pengaturan jaringan di ponsel Anda, ubahlah menjadi WCDMA only atau 3G only. Hal itu akan memaksa ponsel selalu berada di jaringan 3G. Berinternet di jaringan 3G biasanya lebih cepat dan stabil daripada kala berada di jaringan 2G.

Herry Setiadi Wibowo (HSW)
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8391 seconds (0.1#10.140)