Manfaat Tidur Menghadap Kiri

Rabu, 25 Maret 2015 - 11:02 WIB
Manfaat Tidur Menghadap Kiri
Manfaat Tidur Menghadap Kiri
A A A
JAKARTA - Sebagian orang memiliki posisi tidur yang ideal. Ada yang lebih suka tidur telungkup, telentang, atau bertumpu di sisi tubuh bagian kanan maupun kiri.

Dilansir dari Boldsky, beberapa ahli mengatakan, tidur dengan berbagai posisi tidak masalah. Tubuh tidak akan bertahan dengan satu posisi tidur saja sepanjang malam. Secara otomatis tubuh akan berbolak-balik mencari kenyamanan.

Ada beberapa studi yang mengungkapkan bahwa tidur dengan bertumpu pada sisi tubuh bagian kiri lebih bermanfaat.

1. Selama hamil
Selama kehamilan, tidur bertumpu pada sisi tubuh bagian kiri dipercaya lebih bermanfaat. Sebab dapat mengalirkan lebih banyak nutrisi dan darah ke janin. Hal ini juga dapat meminimalisir risiko bayi meninggal dalam kandungan. Namun, tetap diperlukan konsultasi pada dokter apakah Anda boleh tidur berposisi kiri.

2. Naiknya asam lambung
Beberapa studi menyebutkan bahwa kesempatan asam lambung naik, bisa diminalisir dengan tidur bertumpu pada bagian tubuh sebelah kiri. Namun kepala juga harus di posisi lebih tinggi dari tubuh.

3. Tidur lebih nyenyak
Ingin tidur lebih nyenyak? Tidur menghadap kiri merupakan posisi yang patut dicoba bagi para pengidap insomnia.

4. Meditasi
Jika punya kebiasaan meditasi, cobalah tidur dengan posisi menghadap ke kiri. Pasalnya, tidur menghadap kiri dapat membantu membuat tubuh lebih relaks. Posisi ini juga dipercaya dapat memperlancar sirkulasi darah.

5. Pergerakan usus
Tidur menghadap kiri dapat membantu pergerakan yang terjadi di dalam usus menjadi lebih baik. Sistem percernaan berjalan lebih lancar dengan posisi ini.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6722 seconds (0.1#10.140)