Nutrisi yang Dibutuhkan Remaja

Kamis, 26 Maret 2015 - 09:43 WIB
Nutrisi yang Dibutuhkan Remaja
Nutrisi yang Dibutuhkan Remaja
A A A
KALORI
Remaja lelaki membutuhkan sekitar 2.500 hingga 2.800 kalori setiap harinya, sedangkan remaja putri membutuhkan kira-kira 2.200 kalori per hari. Idealnya kebutuhan kalori tersebut bersumber dari protein, susu rendah lemak, biji-bijian (kacang-kacangan), sayuran dan buahbuahan.

PROTEIN
Remaja membutuhkan protein sebesar 45 hingga 60 gram per hari untuk tumbuh dan membentuk otot. Protein sangat mudah didapat dari berbagai sumber makanan sehat, seperti daging, telur, ikan, dan susu.

KALSIUM
Saat masa puber, tubuh membutuhkan banyak kalsium untuk menyimpannya sebagai tabungan untuk membentuk tulang yang kuat saat dewasa. Karena memasuki usia 20 tahun, penyerapan asupan kalsium untuk tulang akan berkurang. Remaja membutuhkan asupan kalsium sebesar 1.200 mg setiap harinya. Asupan kalsium dapat berasal dari susu, sereal, buah, dan sayur yang kaya kalsium.

ZAT BESI
Zat besi membantu darah membawa oksigen ke seluruh otot, juga membuat fungsi otak bekerja maksimal dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Remaja laki-laki membutuhkan 12 mg asupan zat besi per hari, sedangkan anak perempuan membutuhkan 15 mg per hari. Kebutuhan zat besi remaja perempuan lebih besar karena perempuan mengalami menstruasi.

Larissa huda
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9018 seconds (0.1#10.140)