Anjing Ini Dapat Deteksi Kanker Tiroid

Jum'at, 27 Maret 2015 - 07:44 WIB
Anjing Ini Dapat Deteksi Kanker Tiroid
Anjing Ini Dapat Deteksi Kanker Tiroid
A A A
NEW YORK - Frankie, anjing jenis german shepherd dikabarkan mampu mendeteksi adanya kanker tiroid. Dengan indra penciumannya, anjing ini mampu mendeteksi kanker tiroid pada seseorang.

Dilansir dari NY Daily News, serangkaian tes dengan mengendus 34 pasien, anjing tersebut berhasil menemukan kanker tiroid pada tubuh seseorang mencapai 88 persen.

Tiroid merupakan kelenjar di leher yang menghasilkan hormon yang mengatur metabolisme tubuh. Tumor tiroid jarang terjadi namun untuk mengujinya perlu dengan menentukan kadar hormon dalam darah. Dalam pertemuan tahunan Endocrine Society, tim peneliti menyatakan bahwa anjing memiliki indra penciuman yang luar biasa.

Tim peneliti yang berasal dari University of Arkansas for Medical Sciences menyatakan, bahwa saat Frankie berbaring, ia dapat mengendus adanya kanker dalam tubuh seseorang.

"Kemampuan anjing untuk mencium aroma dalam hitungan menit sangat luar biasa. Komunitas medis dalam beberapa tahun ke depan akan memberi apresiasi terhadap anjing-anjing ini," papar kepala endokrin onkologi dari University of Arkansas for Medical Sciences, dr. Donald Bodenner.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7904 seconds (0.1#10.140)