Inspirasi Seorang Karateka

Minggu, 29 Maret 2015 - 08:59 WIB
Inspirasi Seorang Karateka
Inspirasi Seorang Karateka
A A A
Tampilan terbaru Toyota Alphard 2015 sudah beredar sejak awal 2015 lalu. Banyak yang percaya, desainer Toyota mendapat ilham untuk membuat wajah Alphard dan Vellfire terinspirasi dari wajah gorila.

Sekilas, lekuk grille New Alphard memang mirip primata besar itu. Namun, Chief Engineer Alphard dan Vellfire Kenichi Yoshioka mengaku, garis tegas dan kokoh pada eksterior Alhard terinspirasi dari olahraga karate. Selain memunculkan aura tegas, desain New Alphard juga menghadirkan tampilan yang kokoh. Sementara, nama Alphard diambil dari timologi Alphard (α Hydrae) yang merupakan nama bintang paling terang di konstelasi Hydra, sekitar 177 tahun cahaya jaraknya dari bumi.

Selain karena massanya paling besar, yakni sekitar 3 kali lebih besar dari Matahari kita, tidak ada bintang lain yang berada di dekatnya. Dalam salah satu jurnal ilmiah mengenai bintang, Calendarium of Al Achsasi Al Mouakket, ia diberi julukan Soheil al Fard yang dalam bahasa Latin diterjemahkan menjadi Soheil Solitarius , memiliki arti “Bintang penyendiri yang paling terang”.

Astronom Eropa menyebutnya sebagai Cor Hydrae atau “The Heart of the Snake”. “Itu sebabnya Toyota menggunakan logo berbentuk ular pada grille dan bukan logo Toyota,” ucapnya. Diharapkan bahwa Alphard bisa menjadi cahaya paling terang untuk sang pemilik. Sementara, nama Vellfire berasal dari gabungan nama “Velvet” dan “Fire”.

Hal ini menunjukkan karakter desain dari Vellfire yang lebih berani, dinamis, dan passionate . Menurut Kenichi, Alphard merepresentasikan kesan kokoh dan kualitas tinggi sesuai filsafat desain Toyota, “Vibrant Clarity”. Pada saat yang sama Alphard menghadirkan keanggunan dan penuh gaya dalam desain yang sangat menonjolkan identitas individual.

Di bagian depan, garis berbentuk “V” terpahat dari pilar depan hingga bemper, menambah kedinamisan bagian depan masker. Sementara headlight yang besar memanjang dan grille horizontal yang dinamis memberikan kesan berkelas.

Di sisi samping Alphard tampak siluet monoform manis yang seolah dilukis dalam satu sentuhan dari fender depan. Di bagian belakang, garis berbentuk “V” dari pilar belakang memberi kesan mendalam, sedangkan bemper yang solid memberi kesan kendaraan tersebut seolah berpijak.

Anton c
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3513 seconds (0.1#10.140)