Jaga Tubuh Tetap Fit

Senin, 30 Maret 2015 - 09:18 WIB
Jaga Tubuh Tetap Fit
Jaga Tubuh Tetap Fit
A A A
Kesibukan yang padat dan lamanya waktu tempuh untuk mencapai kantor dan rumah membuat masyarakat kota besar rawan terserang penyakit seperti flu dan batuk. Agar tetap fit, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Di antaranya menjaga pola makan tetap teratur. ”Pola makan harus baik, pagi sarapan, siang makan tepat waktu, jangan terlambat,” kata Ketua Perhimpunan Spesialis Kedokteran Okupasi Indonesia (Perdoki) dr Nusye E Zamsiar. Makan teratur dengan kandungan gizi lengkap amat penting. Sebab maag menjadi salah satu penyakit yang banyak menyerang pekerja. Karenanya, sebelum perut terasa perih, sebaiknya segera makan. Atau bisa juga dengan makan sedikit, tetapi dengan frekuensi sering.

Penyakit lain yang lazim dialami pekerja kantoran, yaitu infeksi saluran kencing. Maklum saja, biasanya di tempat ber-AC, orang menjadi malas minum karena udaranya dingin dan malas berjalan ke toilet. Meski suhu ruangan dingin, konsumsi air putih tetap tidak boleh ditinggalkan dan jangan pula malas untuk ke kamar kecil. Jika pulang kerja terlalu malam, Nusye menyarankan untuk makan terlebih dulu.

Namun, saat dirasa pekerjaan sudah selesai, maka akan lebih baik jika langsung pulang dan beristirahat. Bagi mereka yang sering main game, Nusye menyarankan untuk mengurangi. Sebab jika tidak, bisa memunculkan keluhan di jari, pergelangan tangan, atau mata. Untuk menjaga kebugaran, olahraga perlu dilakukan tiga kali seminggu minimal 30 menit. Contohnya lari atau jalan cepat.

Boleh saja mengonsumsi suplemen jika tubuh sedang tidak fit, selama tidak berlebihan. Maksimal satu hari sekali. Sementara itu, dikatakan Medical Manager Bayer Consumer Care dr Tina Suksmasari, konsumsi obat pereda flu diperbolehkan saat gejala flu masih ringan atau belum meradang. Kendati begitu, tolok ukur seseorang perlu atau tidaknya mengonsumsi obat berada pada kondisi tubuh orang itu sendiri. Namun, perlu diketahui, obat pereda flu tidak bisa mengobati penyakit flu, hanya untuk mengurangi gejala.

Sri noviarni
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0716 seconds (0.1#10.140)