Memilih Speaker Portabel

Selasa, 31 Maret 2015 - 11:07 WIB
Memilih Speaker Portabel
Memilih Speaker Portabel
A A A
ADA banyak sekali speaker portable yang ada dipasaran. Sebabnya, tentu karena pengguna ingin mendengarkan konten musik yang ada di smartphone mereka dimana saja.

Tentu mendengarkan secara individu lewat headset atau in-ear headphone selalu jadi pilihan. Tapi, ada banyak momen ketika mendengarkan lagu di speaker jauh mengasyikkan dan bisa membuat suasana jadi lebih seru. Nah, bagaimana tipsnya?

Nirkabel atau Tidak?

Jika Anda tidak termasuk orang yang sering bermultitasking, mungkin tidak masalah memakai speaker non-wireless. Tapi, jika Anda lebih suka mendengarkan lagu sambil melakukan kegiatan lain, disarankan untuk memilih speaker nirkabel (menggunakan Bluetooth). Jadi, selama Bluetooth masih dalam daya tangkap wireless speaker, lagu masih bisa distream dari ponsel ke speaker. Praktis.

Kualitas Audio

Kehadiran speaker eksternal bertujuan untuk menikmati audio lebih baik dan kaya. Karena itu, perhatikan selalu kualiasnya. Yang paling aman, Anda mencobanya langsung. Tapi, jika tidak mau ribet mencoba dan pusing membaca review, pilih lah speaker buatan merek yang memang terkenal dengan produk audio. Paling tidak mereka punya standar dan teknologi yang baik.

Bentuk dan ukuran

Dimensi dan berat speaker akan sangat berpengaruh terhadap mobilitas. Jika Anda senang bepergian, pilih speaker portabel yang bentuk dan ukurannya kompak dan mudah dibawa. Sebaliknya, jika Anda tidak sering bepergian, bisa memilih speaker dengan ukuran sedikit lebih besar dan desain yang disesuaikan dengan konsep interior ruangan. Sebab, tidak dipungkiri fungsi speaker itu juga bisa jadi dekorasi.

Sumber Tenaga

Speaker portable memanfaatkan energi dari baterai. Terutama baterai rechargable. Jangan lupa untuk mencermati berapa jumlah ”mAh” yang ada. Karena streaming menggunakan Bluetooth cukup menguras tenaga.

Fitur Tambahan

Ada banyak speaker yang menyediakan fitur tambahan, misalnya radio FM/AM, sambungan listrik, layar, fitur navigasi sentuhan, dan masih banyak lagi. Ingat, tidak semua berguna bagi Anda. Pilih speaker dengan fitur yang memang dipakai. Toh, jika Anda jarang mendengar radio, tidak perlu mencari speaker dengan fitur radio. Fokus kepada model dengan harga terjangkau dan kualitas suara baik.

Bujet

Speaker dengan kelengkapan fitur, bentuk menarik, serta kualitas audio prima tentu dibarengi dengan harga mahal. Di sini Anda diharus bersikap kritis. Pilih speaker yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan pas dengan isi dompet! Jangan sampai terbuai dengan bentuk dan fitur yang mantap, merek terkenal, serta harga mahal.

Anda juga harus mengetahui kebiasaan Anda mendengarkan musik sehingga speaker yang Anda beli akan terasa maksimal gunanya. Selamat membeli!

Cahyandaru kuncorojati
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4344 seconds (0.1#10.140)