Panduan Memilih Tempat Kerja Tepat

Selasa, 31 Maret 2015 - 11:12 WIB
Panduan Memilih Tempat Kerja Tepat
Panduan Memilih Tempat Kerja Tepat
A A A
Apa yang ditawarkan Qerja.com tidak lagi sekadar informasi atau lowongan pekerjaan dan proses rekrutmen.

Melainkan juga suasana kerja, bahkan berapa gaji yang didapat, juga ulasan terhadap perusahaan tersebut. Semua info itu, menurut co-founder dari Qerja.com Veronika Linardi berasal dari pekerja di perusahaanperusahaan itu. ”Tentu saja kami menjamin privasi dari pekerja yang memberikan info. Kami juga melakukan validasi identitas user dan menyeleksi terlebih dahulu review yang diberikan oleh user apakah pantas untuk ditampilkan atau tidak,” ungkapnya.

Berdasarkan penelitian lembaga riset asal AS, Gallup, diketahui bahwa hanya 8% pekerja di Indonesia yang bahagia. Sementara 92% sisanya bekerja karena butuh uang, tidak melakukannya dengan senang. Hal ini, menurut Veronika, memprihatinkan. ”Padahal banyak sekali waktu yang dihabiskan untuk perkerjaan. Dan pekerjaan sendiri merupakan komitmen jangka panjang,” paparnya.

Untuk menentukan apakah sebuah tempat kerja sesuai, menurut Veronika tidak hanya berpatokan pada besar gaji. Namun juga suasana kerja. ”Suasana tempat kerja dan culture dari sebuah perusahaan akan sangat berpengaruh juga bagi perkembangan skill Anda,” katanya. ”Jadi Anda juga harus tahu apakah perusahaan tempat bekera tersebut memberikan kesempatan untuk meng-upgrade keahlian Anda atau tidak. Jika tidak maka ada baiknya mulai mempertimbangkan mencari tempat lain,” ia menambahkan.

Qerja.com berupaya membuka pikiran bahwa bukan tidak mungkin menemukan perusahan atau tempat kerja disukai, baik dari segi gaji yang ditawarkan sekaligus suasana atau workplace environment. ”Qerja.com ibarat Trip Advisor ketika kita akan bepergian di suatu tempat,” katanya. Menurut Veronika, bukan berarti pihaknya ingin mendorong pekerja pindah perusahaan. ”Kami tidak mengatakan rumput tetangga lebih hijau,” katanya tertawa.

”Tapi, lebih pada mendorong pekerja untuk membuat pertimbangan yang matang ketika ingin melamar atau memilih sebuah perusahaan,” paparnya. Yang jelas, Qerja.com, menurut Veronika sangat berbeda dibandingkan layanan penyedia info soal karir atau job opportunity seperti JobStreet.com yang sekadar menampilkan info jenjang karir yang ditawarkan dan profil perusahaan.

”Qerja.com semacam community sharing site. Ada kisaran gaji dan jenjang karir, hingga informasi suasana kerja dari karyawannya. Informasi ini sangat relevan untuk dijadikan pertimbangan menentukan tempat kerja. Paling tidak jadi gambaran awal apakah pencari kerja bisa happy di perusahaan yang dia incar,” katanya.

Nah, bagi perusahaan sendiri Qerja.com diklaim Veronika berdampak positif. Yakni, menjadi cara efektif untuk branding sehingga dikenal banyak orang. Selain itu, perusahaan juga dapat mengetahui kualitas mereka dengan melihat ulasan dari para pengguna Qerja.com.

”Perusahaan dapat mengetahui company review dari pekerjanya, membuat perusahaan tersebut menarik di mata karyawan ataupun pencari kerja. Perusahaan juga dapat membandingkan kantor mereka dengan perusahaan lain,” papar Veronika. Ketika ditanya soal respon dari pihak perusahaan yang ada di dalam halaman situs Qerja.com, Veronika mengungkapkan bahwa pihak Qerja.com tidak pernah menerima respon buruk. “Justru perusahaan tersebut sangat senang karena membuat banyak orang ingin melamar ke perusahaan tersebut,” ungkap Veronika.

Belum lama ini mereka juga mendapatkan pendanaan dari Indosat yang bekerjasama dengan Softbank, membuat mereka menjadi salah satu startup dengan nilai valuasi Seri A tertinggi di Asia Tenggara.

Cahyandaru kuncorojati
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6439 seconds (0.1#10.140)