XL Bantu UKM Jualan Online

Selasa, 31 Maret 2015 - 11:19 WIB
XL Bantu UKM Jualan Online
XL Bantu UKM Jualan Online
A A A
KARENA keterbatasan modal, UKM di Yogyakarta jarang melakukan promosi untuk memasarkan produknya. Padahal, promosi merupakan hal penting dalam proses memasarkan produk dan menambah angka penjualan.

Sayangnya lagi, di era serba digital masih banyak UKM yang belum fasih dalam menggunakan layanan digital sebagai jalur pemasaran. Karena ternyata hanya 30% dari 56,5 juta UKM yang tersebar di seluruh Indonesia yang memiliki kemampuan di bidang IT. Berangkat dari keadaan tersebut, XL Axiata mencetuskan program yang dapat dimanfaatkan kalangan UKM di Yogyakarta untuk memasarkan produknya, yakni XCloud Usahawan 1.0.

“Program ini dibuat oleh XL untuk membantu roda perekonomian Yogyakarta yang sebagian besar ditopang oleh UKM. Ini juga komitmen untuk mewujudkan Yogyakarta Smart City,” ujar Yessy D. Soetya, Plt. Direktur Layanan XL. Menurut Yessy, program Smart City yang sedang digencarkan oleh pemerintah Indonesia harus merata dan menyentuh semua kalangan.

Apalagi sebentar lagi Indonesia akan menjadi bagian Pasar Ekonomi ASEAN. Sehingga UKM harus mampu mengimplementasikan teknologi agar mereka dapat bersaing dan memasarkan produknya dengan negara lain.

Program XCloud Usahawan 1.0 sendiri berbentuk platform komputasi awan atau cloud computing untuk membuat halaman web agar UKM dapat memasarkan produk mereka dan mempermudah mereka dalam melakukan dalam melakukan transaksi atau penyimpanan data. Jadi UKM yang menggunakan layanan ini seakan memiliki e-commerce mereka sendiri.

Cahyandaru kuncorojati
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0503 seconds (0.1#10.140)