Taklukkan Alam Tambora

Kamis, 02 April 2015 - 11:36 WIB
Taklukkan Alam Tambora
Taklukkan Alam Tambora
A A A
Sebelum resmi diluncurkan, Kamis (2/4) ini, PT Nissan Motor Indonesia menguji kemampuan All New Nissan NP300 Navara di alam Tambora, Nusa Tenggara Barat. Inilah mobil double cabin bertransmisi otomatis pertama yang berhasil datang ke Tambora.

Bukan tanpa sebab Nissan menguji ketangguhan kendaraan double cabin 4WD ini di Tambora, Dompu, Nusa Tenggara Barat. Mobil double cabin ini memang memiliki tampang yang stylish seperti pendahulunya. Namun, sejatinya mobil ini didedikasikan untuk bekerja keras.

Nah, alam Tambora yang ada di Dompu memiliki karakteristik alam yang sangat sesuai dengan tujuan mobil ini dibuat. Alam Tambora memiliki jalur yang sangat variatif, mulai jalan yang mendaki, lereng curam, hingga alam stepa dan hutan tropis. Tidak heran NMI menganggap jalur ini adalah jalur yang ideal.

“Kami sengaja memilih All New NP300 Navara bertransmisi otomatis untuk menjalani pengetesan di Tambora. Untuk menguji mobil ini semaksimal mungkin. Selain itu, semua spesifikasi, termasuk ban, menggunakan ban standar pabrik,” ujar Budi Nur Mukmin, General Manager Marketing Strategy and Product Planning NMI.

Perjalanan panjang menuju Gunung Tambora dimulai pada 18 Maret lalu dengan titik awal Kota Mataram. Setelah itu, mobil langsung diarahkan ke Kota Dompu di Pulau Sumbawa. Dari Desa Doropeti di kaki Gunung Tambora, All New NP300 Navara mulai diuji ketangguhannya melalui berbagai medan yang menantang Perjalanan menuju Pos 2 menjadi salah satu rintangan tersulit untuk dilewati.

Berkat teknologi hill descent control , All New NP300 Navara dapat melalui turunan, jalan bergelombang, dan jalanan berbatu yang licin dan sulit untuk dilalui. Selain itu, hill start assist juga membantu kendaraan agar tidak merosot saat berada di tanjakan selama tiga detik, menjadi teknologi yang sangat berguna saat menyusuri lereng Tambora yang cukup curam.

Usai melewati Pos 2, pemandangan hutan tropis digantikan dengan pemandangan stepa, berupa padang rumput yang sangat luas dengan kondisi jalanan yang cenderung berpasir. Jalanan kendaraan yang biasa dilewati kendaraan off road hancur, tertutup longsor dan berlubang akibat aliran air hujan yang cukup deras dari Gunung Tambora.

Jalan baru pun dibuat dan fungsi traction control system dan active brake limited slip yang bekerja sama berhasil mencegah roda penggerak kehilangan cengkeraman di permukaan jalan yang berpasir. Selanjutnya, jalanan yang berliku-liku dan tikungan yang tajam berhasil dibabat habis All New NP300 Navara berkat fitur vehicle dynamic control yang bekerja menjaga kestabilan kendaraan saat bermanuver.

Setelah menempuh perjalanan pendakian selama 12 jam sejak dari Doropeti, All New NP300 Navara berhasil mengatasi semua rintangan alam Tambora. Total perjalanan yang ditempuh All New Nissan NP300 Navara menembus alam Tambora mencapai 1.300 kilometer.

Selama perjalanan itu, Navara berhasil menjaga kondisinya tetap prima. Inilah capaian yang membuat petinggi NMI bangga. “Dalam ekspedisi All New NP300 Navara di Tambora ini, kami berhasil membuktikan ketahanan dan ketangguhan mobil ini menempuh berbagai medan yang ekstrem,” ujar Steve Ardianto, Presiden Direktur PT NMI.

“Kami percaya bahwa kesuksesan All New NP300 Navara menaklukkan Gunung Tambora adalah bukti nyata ketangguhan performa dari mobil ini,” kata Budi.

Wahyu sibarani
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.2377 seconds (0.1#10.140)
pixels