Olahraga untuk Penderita Hipertensi

Senin, 06 April 2015 - 10:33 WIB
Olahraga untuk Penderita Hipertensi
Olahraga untuk Penderita Hipertensi
A A A
Olahraga sangat baik dilakukan untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Hipertensi salah satunya. Namun bagi yang mempunyai darah tinggi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Seseorang yang mempunyai hipertensi harus berhati-hati dengan olahraga yang ada kontraksi otot karena dapat mengakibatkan tekanan darah naik. Lantas apa dan bagaimana olahraga yang tepat bagi penderita hipertensi?

1. Berenang.
Berenang selama 30 menit dapat mengurangi jumlah sirkulasi adrenalin tubuh dan membuat pembuluh darah lebih rileks. Menurut beberapa penelitian, berenang juga dapat membantu menurunkan denyut jantung dan tekanan darah.

2. Jalan kaki.
Daripada mengonsumsi banyak obat, coba lakukan secara rutin berjalan kaki selama 30 sampai 60 menit. Tak perlu berjalan cepat sekali, cukup lakukan secara moderat yang penting rutin. Aktivitas ini bisa menurunkan tekanan darah Anda yang sedang tinggi.

3. Aktivitas di rumah.
Berkebun, menyapu halaman rumah, atau sekadar naik turun tangga di rumah adalah alternatif lain bagi Anda yang malas keluar rumah untuk berolahraga. Saat tubuh Anda bergerak, maka denyut jantung Anda akan aktif bergerak juga.

Iman
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3971 seconds (0.1#10.140)