Optimal tapi Tidak Berlebihan

Selasa, 07 April 2015 - 10:18 WIB
Optimal tapi Tidak Berlebihan
Optimal tapi Tidak Berlebihan
A A A
Pemilik blog bertema fashion dan kecantikan Claradevi Handriatmaja mengaku selalu membatasi penggunaan gadget. Padahal, kegiatan kesehariannya justru menuntut sebaliknya: setiap waktu menulis dan membalas komen di blog, hingga memposting foto di jejaring sosial.

”Gadget dan perangkat teknologi lainnya hanyalah alat bantu. Jangan sampai kita menjadi tergantung,” ujar Clara, sapaan akrabnya. Ia mengakui, jika seseorang memang berniat untuk berkarier online sebagai blogger atau pekerja kreatif lainnya harus punya komitmen setiap hari menciptakan konten. Paling tidak memposting satu foto di Twitter atau Instagram dan minimal tiga tulisan di blog.

”Meski demikian, kita juga perlu mempunyai batasan seberapa sering kita melakukan postingan itu agar tidak setiap saat selalu melihat ponsel atau laptop. Seperlunya saja, misalnya untuk penggalian ide atau berinteraksi,” ujar pemilik blog Lucedale.com ini. Blogger cantik asal Yogyakarta yang sudah ngeblog sejak 2009 ini juga tidak mau bergantung pada alat.

”Ketika kita ingin melakukan pekerjaan foto, misalnya, nggak harus menggunakan kamera yang canggih. Gunakan perangkat seadanya yang dimiliki, tapi ditekuni dan dimaksimalkan, itu sudah cukup. Tidak harus beli dulu baru bekerja atau update blog, salah,” papar Clara bijak. Pecinta traveling yang memfavoritkan kota Hong Kong, Kyoto, Macau, Melbourne, Paris, Singapura, dan Tokyo ini tetap membawa smartphone, kamera, dan laptop kemanapun ia pergi. ”Kamera harus selalu dibawa, karena penting untuk pekerjaan sebagai blogger,” ungkapnya.

Binti mufarida
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7166 seconds (0.1#10.140)