Keanggunan Mobil Kecil

Kamis, 09 April 2015 - 09:38 WIB
Keanggunan Mobil Kecil
Keanggunan Mobil Kecil
A A A
SIAPA yang tidak mengenal Chevrolet Spark? Mobil ini merupakan salah satu bintang dari film franchise Transformers selain Chevrolet Camaro yang legendaris. Mobil ini juga pernah berjalan-jalan di aspal Indonesia.

Di Indonesia, mobil ini memang kalah bersaing dengan mobil kecil lainnya yang sudah ada. Namun, itu cuma di Indonesia. Karena menurut catatan Chevrolet, mobil imut ini merupakan mobil terlaris yang pernah mereka buat pada era milenium. Bayangkan, sejak diluncurkan pada 1999 di India, sebanyak 1,1 juta unit Chevrolet Spark telah terjual di 71 negara di dunia.

Chevrolet Spark hanya butuh waktu 5 tahun agar mobil tersebut melampaui angka 1 juta unit. Itulah mengapa Chevrolet tidak akan khilaf melupakan Chevrolet Spark. Mereka segera menghadirkan Chevrolet Spark generasi terbaru di ajang Seoul International Motor Show yang baru saja digelar akhir pekan lalu. “Spark generasi terbaru memiliki perubahan total penampilan, baik di bagian dalam maupun luar, serta dibekali dengan teknologi baru yang menarik,” ujar Tim Mahoney, Chevrolet Chief Marketing Officer.

Perubahan total penampilan itu dilakukan dengan cara mengubah ukuran wheelbase yang kini lebih panjang. Tinggi mobil pun dibuat lebih rendah 40 milimeter dibandingkan generasi sebelumnya. Meskipun tinggi mobil dibuat lebih pendek, bukan berarti headroom menjadi lebih sempit. Chevrolet mengakalinya dengan mengubah desain interior sehingga headroom dan legroom tetap lapang.

Begitu berada di dalam, interior mobil benar-benar terasa asing. Tidak ada lagi sentuhan interior lama. Spedometer dan takometer digital berbentuk unik hingga head unit konvensional menghilang tanpa bekas. Bagian dasbor Chevrolet Spark kini tampil modern. Penataan head unit juga dibuat mahal dengan hadirnya sentuhan krom. Desain palang kemudi juga hadir dengan bentuk yang lebih matang.

Di palang kemudi juga tersedia audio steering switch yang bisa terhubung dengan sistem infotainment MyLink dari Chevrolet. Bagian terbaik dari Chevrolet Spark terbaru ada di bagian eksterior. Desain mobil ini berusaha terlihat dinamis dan mengesankan performa berkendara yang menarik. Tidak ada lagi kesan jangkung seperti di Chevrolet Spark lama. Kisi-kisi radiator (grille ) bagian depan kini hadir dengan Chevrolet duall grille yang elegan. Desainnya mengingatkan grille yang ada di Chevrolet Captiva baru.

Di sekitar grille terdapat ornamen yang lebih menggiurkan, mulai lampu kabut yang hadir dengan desain provokatif hingga lampu utama proyektor yang dibalut LED daytime running light . Sentuhan LED dengan desain unik juga hadir di lampu belakang. Hadirnya LED membuat buritan mobil ini terasa sangat menyenangkan dipandang. “Secara singkat, Spark berkembang,” komentar Michael Simcoe, Vice President of Design GM International.

Mobil ini memang kaya fitur karena mobil ini juga dilengkapi dengan sistem keamanan canggih, mulai forward collision alert, side blind spot alert, hingga lane departure warning . Mesin ECOTEC 3 silinder 1,0 liter yang digendong mobil ini juga sudah dilengkapi teknologi transmisi terbaru, yakni CVT C-Tech.

Penggunaan mesin ini memungkinkan adanya teknologi stop/start yang menambah efisiensi saat kerap mengemudi berhenti dan maju, terutama di jalanan kota besar yang padat. Nah, semakin canggih kan mobil kecil ini.

Wahyu sibarani
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5622 seconds (0.1#10.140)