Kembali ke Habitat

Kamis, 09 April 2015 - 09:40 WIB
Kembali ke Habitat
Kembali ke Habitat
A A A
ALL New Nissan NP300 Navara SL akan dipaksa oleh PT Nissan Motor Indonesia (NMI) kembali ke habitatnya, yakni komersial dan fleet. Seperti apa kelebihan mobil kabin ganda dari Nissan tersebut?.

All New Nissan NP300 Navara akhirnya resmi diluncurkan untuk pasar Indonesia pada Kamis (2/4) lalu. PT NMI membawa dua varian, yakni varian SL dan varian tertinggi VL. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup besar guna menyesuaikan pasar yang akan dipenetrasi.

“Varian tertinggi VL memang diarahkan masuk ke pasar lifestyle seperti Nissan Navara dulu. Sementara, varian SL akan kami arahkan bermain di pasar fleetdan komersial,” ujar Budi Nur Mukmin, General Manager Marketing Strategy and Communication Division PT NMI. Lalu apa perbedaan antara varian VL dan SL? “Yang membedakan lebih ke segi kenyamanannya saja,” sebut Budi Nur Mukmin.

Dibandingkan dengan varian VL yang tampil trendi, All New Nissan NP300 Navara SL terlihat lebih clean dan rapi dari berbagai sentuhan modern. Memang jika dibandingkan head to head, antara VL dan SL, ada banyak hal yang hilang. Pertama, hilangnya lampu signatureLED dengan daytime running lightyang berubah menjadi lampu halogen. Ukuran ban yang berubah dari 17 inci menjadi 16 inci. Begitu juga desain velgdi VL yang berdesain unik berubah jadi berdesain datar.

Di bagian eksterior lainnya, varian SL juga tidak memiliki roof railseperti yang dimiliki varian VL. Masuk ke bagian dalam, pengaplikasian jok kulit di varian VL berubah menjadi kain. Pemilihan warna kain yang gelap mengisyaratkan mobil kabin ganda varian SL ini memang siap untuk diajak berkotor-kotor ria. Bahkan, floor matberupa kain yang mudah sekali dicuci agar kotoran cepat menghilang. Dasbor varian SL juga hadir sederhana.

Alih-alih hadir dengan layar sentuh, varian ini tetap percaya diri dengan head unit doubleDIN. Ini wajar mengingat untuk kepentingan pekerjaan berat, head unit double din lebih fungsional. Dengan semua kesederhanaan tersebut, All New Nissan NP300 Navara SL justru memiliki kapabilitas yang tinggi untuk sebuah mobil kabin ganda di segmen fleetdan komersial.

Tenaga mobil ini mencapai 163 daya kuda berpadu dengan torsi maksimal 403 Nm yang sudah muncul di kitiran 2.000 RPM. Semua tenaga dan torsi itu tersalurkan lewat sistem penggerak 4 roda. Selain itu, untuk menunjang kinerja di medan berat, fitur yang dimiliki varian SL tergolong mumpuni dibandingkan kompetitornya. Misalnya fitur hill start assistdan hill descent controlyang dapat menjaga stabilitas mobil di daerah perbukitan atau mendaki.

Begitu juga dengan fitur traction control systemdan vehicle dynamic control. Kedua fitur ini dapat menjaga kestabilan mobil saat menaklukkan jalan dan rute yang sempit ketika melakukannya dalam kecepatan tinggi. Daya angkut bagasi mobil ini pun luar biasa. Total beban yang bisa dibawa mencapai 860 kilogram. Sementara, bagasinya memiliki ukuran panjang 1.503 milimeter, lebar 1.560 milimeter, dan tebal 474 milimeter.

Bagasi seperti ini sangat ideal untuk mengangkut barang dalam jumlah yang banyak. Inilah mengapa PT NMI sangat percaya diri membawa varian SL bertarung dengan kompetitor lain yang sudah lebih dulu memangsa segmen ini, seperti Mitsubishi Strada Triton dan Toyota Hilux. Kendati percaya diri dengan segala keunggulan di All New Navara, President Director PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Steve Ardianto mengaku pihaknya terlambat bermain di segmen tersebut.

”Kami sebenarnya terlambat untuk masuk ke fleet, harusnya lebih awal. Kami benar-benar menunggu networkdan after saleskami siap,” ujar Steve.

Wahyu sibarani
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7010 seconds (0.1#10.140)