Menikmati Kudapan Lezat di Pasar Sinpo

Jum'at, 10 April 2015 - 09:50 WIB
Menikmati Kudapan Lezat di Pasar Sinpo
Menikmati Kudapan Lezat di Pasar Sinpo
A A A
Berlibur ke luar negeri tidak lengkap rasanya jika belum mengunjungi dan berbelanja di pasar tradisional warga setempat. Di Incheon, Korea Selatan misalnya, Anda bisa mendatangi Pasar Sinpo yang merupakan salah satu pusat belanja dan makanan terlengkap di Negeri Ginseng.

Incheon merupakan kota terbesar ketiga di Korea Selatan setelah Seoul dan Busan yang berpopulasi lebih dari 2,6 juta jiwa. Incheon adalah kota penting yang berfungsi sebagai kota pelabuhan dan transportasi di Asia Timur Laut. Kota ini merupakan wilayah di mana terdapat Bandara Internasional Incheon, dibuka pada tahun 2001, yang telah terpilih sebagai bandara terbaik di tingkat dunia selama enam tahun berturut-turut.

Sejak dulu hingga kini, Incheon berkembang sangat pesat dan menjadi kota budaya modern. Incheon juga menjadi tempat tujuan wisata karena keberadaan Pulau Wolmido serta Pantai Eurwangni yang sangat cantik, sekaligus terkenal dengan pantai pasir putih dan berbentuk seperti bulan sabit. Berbicara soal pusat belanja, Anda tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mendatangi Pasar Sinpo, pasar tradisional yang bersifat permanen di Incheon.

Pasar ini terbentuk secara tidak sengaja oleh masyarakat Korea dan masyarakat dari Jepang, Qing (sekarang Tiongkok), Amerika Serikat, dan Rusia pada tahun 1883 silam. Pada 1895 pasar ikan dibuka untuk pertama kali dan sekitar waktu yang sama, para petani Tiongkok datang ke sini untuk menjual hasil panen, seperti kubis, lobak, bawang, tomat, dan wortel. Selama lebih dari 110 tahun, pasar ini telah menjelma menjadi pusat budaya dan ekonomi yang penting.

Bahkan, ada pepatah yang mengatakan “apa pun yang tidak dapat ditemukan di Pasar Sinpo, tidak akan ditemukan juga di tempat lain di Korea”. Hal pertama yang terlintas dalam pikiran ketika datang ke Pasar Sinpo adalah kelezatan dakgangjeong , yaitu potongan ayam goreng yang dilapisi dengan saus manis dan asam.

Pintu masuk ke pasar dipagari dengan toko-toko dakgangjeong terbaik di negeri ini, dengan orang yang menunggu dalam antrean panjang untuk mendapatkan kuliner nikmat tersebut. Selain itu, ada juga makanan lezat lain, seperti sosis Korea, pangsit lima warna yang dikukus, atau gukwappang yaitu kue berbentuk bunga dengan isian kacang merah.

Bisa juga Anda cicipi pangsit daging, gonggalppang yaitu roti renyah yang kosong dalamnya, dan kulit babi. Banyak pengunjung lokal maupun mancanegara yang datang ke tempat ini untuk berwisata kuliner sekaligus berbelanja. Untuk menuju ke sana, Anda bisa turun di Stasiun Incheon di Jalur Subway 1 dan berjalan sekitar 10 menit melalui pusat perbelanjaan bawah tanah sampai Chingudeul mencapai pasar. Perjalanan dengan subway ekspres ke Incheon jauh lebih cepat.

Rendra hanggara
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5575 seconds (0.1#10.140)