Minuman Energi Bisa Sebabkan Serangan Jantung

Jum'at, 10 April 2015 - 19:53 WIB
Minuman Energi Bisa Sebabkan Serangan Jantung
Minuman Energi Bisa Sebabkan Serangan Jantung
A A A
LONDON - Berhati-hatilah bagi Anda yang kerap mengkonsumsi minuman energi. Pasalnya, minuman energi dapat menyebabkan serangan jantung mendadak pada dewasa dan remaja.

Dilansir dari Mirror, saat ini remaja dengan usia 10—19 tahun kerap mengkonsumsi minuman berenergi. Mereka beranggapan, minuman ini dapat menghilangkan kelelahan serta meningkatkan kekuatan fisik dan mental. Mereka tidak tahu risiko yang terkandung ketika sering mengonsumsi minuman ini.

"Mereka yang memiliki penyakit jantung bawaan berisiko tinggi terkena Sudden arrhythmic death syndrome (SADS) atau gangguan ritme jantung yang menyebabkan kematian mendadak. Bahkan detak jantung tidak menentu atau Atrial Fibrilasi (AF) kini banyak dialami laki-laki yang berlatih bola sambil mengonsumsi minuman energi," papar pakar kesehatan jantung Dr Fabian Sanchis-Gomar.

Sanchis-Gomar menjelaskan, hampir semua minuman berenergi mengandung kafein. Namun tak jarang ditemukan yang ternyata mengandung guarana (tanaman Brasil yang ditemukan dalam biji kopi, tapi memiliki ekstrak kopi dua kali lipat). "Produsen menambahkan guarana dan zat-zat lain seperti ginseng dan taurin dalam jumlah yang tidak sesuai takaran label," ujar dia.

Dalam tiga tahun terakhir, terdapat lebih dari 2.000 anak-anak di bawah usia enam tahun harus dilarikan ke rumah sakit di Amerika Serikat (AS) karena menderita efek samping dari minuman berenergi. Setelah diperiksa, anak-anak tersebut mengalami gangguan jantung termasuk detak jantung abnormal atau masalah neurologis seperti kejang atau pingsan.

Sadar akan bahayanya mengkonsumsi minuman energi, di Inggris bahaya minuman energi harus tertulis pada kemasan. Hal ini bertujuan agar anak-anak atau wanita hamil bisa mengetahuinya.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5403 seconds (0.1#10.140)