Denny Sakrie dalam 100 Tahun Musik Indonesia

Sabtu, 11 April 2015 - 09:14 WIB
Denny Sakrie dalam 100 Tahun Musik Indonesia
Denny Sakrie dalam 100 Tahun Musik Indonesia
A A A
JAKARTA - Meski masih berusia 70 tahun, ternyata Indonesia sudah memiliki tradisi musik lebih dari satu abad. Perjalanan musik Indonesia dari masa ke masa ini dirangkum dalam buku karya Almarhum Denny Sakrie yang selama puluhan tahun mengamati perkembangan musik Indonesia.

Buku yang diberi judul 100 Tahun Musik Indonesia ini mengulas sejarah musik Indonesia dari 1905 sampai 2005. Dalam hal ini Editor in Chief Rolling Stone Indonesia Adib Hidayat mengakui bahwa Denny Sakrie memiliki andil yang cukup besar dalam pembuatan edisi-edisi khusus majalah Rolling Stone Indonesia.

"Denny Sakrie rajin membaca, mendengar dan menulis yang menjadikannya kesatuan yang komplet untuk menjadi pengamat musik,” ujar Adib Hidayat di Kafe Pisa, Jakarta, Jumat (10/4/2015).

Sementara itu, menurut pandangan Musisi Addie MS, Denny Sakrie adalah penikmat musik yang bisa menempatkan diri sebagai teman kepada para musisi.

Selain itu, Denny Sakrie dinilai menyerap apa yang disampaikan oleh pemusik kemudian merangkum dan menyampaikan dengan tepat pada orang banyak. Terkadang, ia juga berkomentar kritis dan terkesan sarkastik.

"Kemajuan musik suatu bangsa tidak hanya bergantung pada kreativitas creator, tapi juga peran pengamat musik sebagai pengontrol pandangan kebanyakan orang agar bisa lebih objektif dalam menikmati musik,”jelasnya.

Sebagai Informasi Almarhum Denny Sakrie lahir pada 14 Juli 1963. Sejak SMP, beliau telah tertarik pada dunia musik dan mengawali karirnya sebagai penulis artikel musik di sebuah media harian di Makassar. Beliau menaruh perhatian besar pada dunia musik indonesia, baik klasik maupun kontemporer.

Sebelum meninggal, Denny Sakrie telah menyiapkan sebuah buku tentang musik Indonesia yang diterbitkan oleh GagasMedia ini. Buku ini nantinya bakal menginspirasi musisi baru di Indonesia.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6656 seconds (0.1#10.140)