Penulis Lagu Kelas Berat

Minggu, 12 April 2015 - 10:14 WIB
Penulis Lagu Kelas Berat
Penulis Lagu Kelas Berat
A A A
PENYANYI Pink mendapatkan penghargaan prestisius BMI President’s Awards atas keberhasilannya membuat lagu-lagu yang fenomenal dan menarik didengar. Seperti apa kemampuan Pink dalam menciptakan lagu?.

Menyanyi memang bukan pekerjaan yang mudah. Menciptakan lagu juga ada di level yang berbeda. Karena itu, terpujilah para musisi yang mampu menciptakan lagu mereka sendiri. Apalagi jika lagu yang mereka ciptakan mampu merefleksikan jati diri mereka sendiri.

“Inilah yang mampu dilakukan Pink. Setiap saat ketenaran itu bisa datang dan pergi. Namun, hal itu tidak membuatnya enggan menuliskan lagu yang memang merefleksikan dirinya. Pink tetap akan menulis lagu yang Pink,” tulis kritikus majalah Rolling Stone, Rob Sheffield. Sejak pertama kali mendebut dunia musik pada 2000, Pink memang tetap percaya diri dengan apa yang dia lakukan. Pemilik nama asli Alicia Beth Moore ini menganggap semua pujian dan kritikan yang diarahkan kepadanya sebagai angin lalu.

Saat kritikus mengkritik habis-habisan album perdananya, “Can’t Take Me Home”, Pinj justru jadi orang yang tertawa terakhir. Album tersebut justru laris 3 juta kopi di seluruh dunia. Setelah kesuksesan itu dia malah melakukan langkah kejutan dengan memilih manajer baru dan meminta perusahaan rekaman tempat dia bernaung untuk tidak banyak mengatur.

“Dia ingin membuat lagu yang dia rasakan sendiri,” ujar Rob Sheffield. Keputusan itu akhirnya berbuah manis. Selama 15 tahun berkarier di ranah musik, Pink telah meraih lebih dari 44 penghargaan dari sekitar 137 kali nominasi. Di antaranya tiga Grammy Awards, enam MTV Video Music Awardsdan dua World Music Award. Tahun ini koleksi penghargaannya akan bertambah. Ia bakal menerima BMI President’s Awardsdi perhelatan tahunan ke-63 BMI Pop Awards. Pink dianggap berjasa meramu lagu yang berdampak global di ranah budaya pop dan industri hiburan.

“Pink adalah penulis lagu hebat yang berandil mengubah budaya musik pop dan rock seluruh dunia,” kata Wakil Presiden BMI Barbara Cane. “Dia memikat pencinta musik dengan emosi, lagu, suara, dan penampilannya yang unik dan abadi,” sebutnya. BMI atau Broadcast Music Inc adalah satu dari tiga organisasi perlindungan hak cipta seni pertunjukan di AS, selain ASCAP dan SESAC.

Sebelum Pink, musisi lain yang juga menerima penghargaan BMI, di antaranya Taylor Swift, Adam Levine, dan Pitbull. Artis berusia 35 tahun ini akan menerima penghargaan sebagai penulis lagu andal di ajang BMI Pop Awardsyang digelar di Beverly Wilshire Hotel di Beverly Hills, California, AS, pada 12 Mei mendatang. Nama penyanyi dan penulis lagu bernama asli Alecia Beth Moore ini mulai berkibar sejak merilis album debut “Can’t Take Me Home” pada 2000.

Album berikutnya, “Missundaztood” (2001) menuai sukses berskala global dan diganjar Grammy Awards. Sejauh ini, ibu Willow Sage Hart dan istri Carey Hart ini sudah merilis tujuh album, yakni “Can’t Take Me Home”, “Missundaztood”, “Try This”, “I’m Not Dead”, “Funhouse, Greatest Hits... So Far!!!” dan “The Truth About Lob”. Lagu-lagu perempuan kelahiran 8 September 1979 ini dikenal berkarakter kuat, seolah menggambarkan kepribadiannya yang liar. Lirik lagunya juga “menohok”, nyaris tanpa basa-basi ditujukan kepada subjek tertentu.

Tiga tahun lalu Pink merilis album “The Truth About Love” (2012). Dua lagunya, Trydan Just Give Me a Reason, yang dinyanyikannya bersama Nate Ruess, menjadi hitsdan terus diputar berbagai stasiun radio. Baru-baru ini, ia merilis album “rose.ave” yang direkam bersama Dallas Green alias City and Colour. Seperti yang sudah-sudah, Pink berusaha menjadi dirinya sendiri di album tersebut.

Tanpa kamuflase dan apa adanya. Mungkin hal inilah yang dirasakan Bob Dylan ketika ingin menulis lagu. “Jika kita menghargai diri kita, maka kita bisa menghargai orang lain. Sebelum itu kita harus mengerti dulu siapa diri kita sebenarnya,” ucap Bob Dylan.

Wahyu sibarani
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3581 seconds (0.1#10.140)