Stres Pemicu Diabetes Tipe 1 pada Anak

Selasa, 14 April 2015 - 09:56 WIB
Stres Pemicu Diabetes Tipe 1 pada Anak
Stres Pemicu Diabetes Tipe 1 pada Anak
A A A
Anak-Anak yang mengalami tekanan atau stres disinyalir berpotensi mengidap diabetes tipe 1. Dikutip Daily Mail, anak yang mengalami stres akibat berita kematian keluarga atau perceraian orang tua berisiko tiga kali terserang diabetes tipe 1.

Penelitian ini dilakukan oleh ilmuwan Swedia yang menganalisis lebih dari 10.000 keluarga dengan anak-anak yang berusia 2–14 tahun dengan mengamati apakah terdapat konflik keluarga, perubahan struktur keluarga, adanya intervensi dari layanan sosial, ataupun masalah keuangan (masalah pengangguran). Setelah diamati ternyata sebanyak 58 anak didiagnosis dengan diabetes tipe 1.

Penelitian ini menemukan bahwa hal ini terjadi dipengaruhi oleh masalah yang terjadi dalam hidup mereka.Tim di Linkoping University mengatakan bahwa meskipun penyebab diabetes tipe 1 tidak diketahui, biasanya permasalahan ini didahului oleh sistem kekebalan tubuh yang mematikan sel beta dalam pankreas yang memproduksi insulin.

Organ pankreas dalam tubuh penderita diabetes tipe 1 tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh. Mereka beranggapan bahwa peristiwa memilukan yang terjadi pada masa kanak-kanak dapat mempengaruhi sel-sel beta dan meningkatkan kebutuhan insulin untuk mengatasi meningkatnya kadar hormon stres. Faktor lain yang menyebabkan terserang diabetes tipe 1 adalah adanya infeksi virus, kebiasaan diet, berat badan lahir, dan berat badan awal yang tidak normal.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengalaman buruk dari peristiwa kehidupan selama 14 tahun pertama kehidupan dapat menjadi faktor risiko diabetes tipe 1. Diabetes tipe 1 disebut dengan kondisi autoimun, yaitu sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel dalam pankreas karena mengira mereka membahayakan tubuh. ”Penelitian ini meneliti peristiwa kehidupan yang serius yang dialami sebelum diagnosis pasien.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan kapan dalam proses autoimun stres psikologis dapat berkontribusi,” ujar mereka. Predisposisi genetik tetap merupakan faktor yang paling penting, dengan peningkatan 12 kali lipat dalam risiko pengembangan diabetes tipe 1 terhadap anak apakah ada anggota keluarga mereka yang menderita diabetes tipe 1.

Sebagian besar orang memiliki diabetes tipe 2, yang berhubungan dengan kelebihan berat badan, tetapi lebih dari 95% dari kasus diabetes pada anak-anak adalah tipe 1 dan angka ini telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Larissa huda
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9863 seconds (0.1#10.140)