Inspirasi dari Adik

Kamis, 16 April 2015 - 08:35 WIB
Inspirasi dari Adik
Inspirasi dari Adik
A A A
Lexus RX menolak jadi tua karena termakan desain yang usang. Mengambil inspirasi dari Lexus NX, adiknya yang lebih keren, Lexus RX kini berusaha tampil dominan di antara keluarga SUV Lexus.

Saat Lexus menghadirkan Lexus NX yang tampil lebih stylish , banyak orang menduga Lexus tidak lagi peduli dengan Lexus RX yang lebih dulu hadir. Pertimbangannya banyak, desain Lexus RX malah kalah trendi dengan saudara kembarnya, Toyota Harrier terbaru. Selain itu, Lexus benar-benar sibuk mendandani mobil-mobil sedan dan sport mereka.

Sekalinya memermak SUV, mereka malah menghadirkan Lexus NX. Respons positif yang sangat besar akan Lexus NX justru menyadarkan mereka bahwa segmen SUV masih tetap menggoda. Akhirnya, mereka membuat wajah baru dari Lexus RX. Beberapa bagian Lexus RX yang terinspirasi dari sang adik terasa pada bagian sudut-sudut tajam di bagian eksterior.

Belum lagi boomerang grille yang mereka namai Spindle Grille yang dibuat masif terpadu dengan sorotan tajam tiga lampu LED. Untungnya, Lexus tak serta-merta membuat Lexus RX baru kelihatan seperti Lexus NX yang terkena steroid. Lexus masih mempertahankan jati diri Lexus RX sebagai medium SUV yang memerlukan guratan-guratan tegas seperti yang ada di Lexus RX lama.

Contohnya di pilar C, desain kaca samping belakang tetap mempertahankan desain lama. Hanya, Lexus menambahkan sisi modern bagian ini dengan membuat aksen floating roof . Mirip dengan floating roof yang ada di Toyota Yaris baru. Tak hanya keren, struktur bodinya sudah diperkuat meningkatkan handling dan didesain untuk mengurangi suara mesin dan jalanan agar tak masuk ke kabin.

Pelek ukuran 20 inci milik R baru kini memiliki aksen two tone yang kombinasi warnanya bisa dipilih agar sesuai warna eksterior. Interior mobil ini juga semakin kental nuansa premium. Penataan letaknya dibuat lebih menarik dan rapi, terutama setelah hadirnya fitur head-up display yang memproyeksikan seluruh info kendaraan ke kaca depan pengemudi.

Selain itu, disematkan pula layar besar berukuran 12,3 inci dengan tampilan full screen. Untuk kapasitas mesin, Lexus membuat pilihan unik. Mereka hanya menyediakan dua pilihan Lexus RX350 F Sport dan Lexus RX450 h. Sepertinya Lexus ingin memaksa Lexus NX jadi pilihan orang-orang yang menginginkan mesin yang lebih kecil dari kedua varian tersebut.

Lexus RX350 F Sport dan Lexus RX450 H tampil dengan interior yang berbeda. RX350 F Sport hadir lebih sporty dengan warna interior perpaduan antara merah dan hitam. Panel instrumen juga dibuat mirip dengan milik Lexus RC-F dan Lexus LFA. Sementara RX450 h hadir lebih mewah dengan perpaduan warna cokelat dan hitam di bagian interior. Panel instrumen jauh dari kesan rumit, tapi lebih ke arah elegan dan simpel.

Sesuai labelnya, RX350 F Sport hadir dengan mesin V6 dengan kapasitas silinder 3.500 cc. Mesin ini mampu mengail tenaga maksimal 300 daya kuda. Sementara RX450 h hadir dengan desain yang sama, cuma dipadukan dengan motor listrik. Tenaga dari kedua varian ini disalurkan lewat transmisi otomatis 8 percepatan.

Untuk mode berkendara, Lexus menyediakan mode Sport S+ yang membuat handling lebih kaku dan sporty . Mode berkendara ini makin menggiurkan karena tersedianya fitur Adaptive Variable Suspension. Fitur ini merupakan fitur baru bagi Lexus RX di kelasnya.

Fitur keselamatan mobil ini juga luar biasa lengkap. Ada Lexus Safety System+ yang terdiri atas Pre-Collision System, Lane Departure Alert, Automatic High Beam, Lane Keep Assist, Dynamic Radar Cruise Control, Adaptive High-Beam System, Panoramic View Monitor, dan Blind Spot Monitor. Sistem itu siap menjadi pengaman saat berkendara dengan Lexus RX baru.

Wahyu sibarani
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8143 seconds (0.1#10.140)