Inspirasi Seni dari Mobil

Kamis, 16 April 2015 - 08:38 WIB
Inspirasi Seni dari Mobil
Inspirasi Seni dari Mobil
A A A
Mazda Motor Corporation mempersembahkan dua karya seni besutan Mazda, yaitu Bike by KODO Concept dan Sofa by KODO Concept di perhelatan Milan Fashion Week, kemarin.

Ikuo Maeda, Head of Mazda Global Design, menempuh jalan panjang untuk meningkatkan rasa premium brand Mazda. Jika produsen lainnya asal Negeri Sakura memilih membangun lini produk mobil premium, Maeda justru ingin Mazda membuat produk-produk di luar mobil yang bercita rasa tinggi.

Dia ingin Mazda melakukan hal sama seperti Porsche yang punya Porsche Design. Masamichi Kogai, bos besar Mazda, menyetujui ide tersebut, maka terbentuklah Mazda Design. Tidak butuh lama di ajang Salone Internazionale del Mobile 2013 di Milan, Italia, Mazda Design menghadirkan sebuah kursi yang memiliki guratan seni khas bahasa desain Mazda.

“Kami akan membuat hal lainnya,” janji Ikuo waktu itu. Dua tahun berselang di kota yang sama dengan ajang yang berbeda, kali ini di Milan Fashion Week, janji tersebut ditepati. Mereka menghadirkan Bike by KODO Concept dan Sofa by KODO Concept. Lewat kedua benda ini, Mazda mencoba untuk melakukan evolusi lebih jauh lagi dari apa yang mereka telah buat pada 2013 lalu.

Jika lewat kursi, mereka menghadirkan elemen-elemen gerakan. Kali ini elemen yang ada di sepeda dan sofa tersebut ditingkatkan dengan menerapkan dua elemen ekspresi yang berlandaskan seni estetika dari Jepang, yaitu Rin dan En . Rin berarti kewibawaan dan ketenangan, dan En , sebuah unsur sensualitas yang dapat memikat pancaindra.

“Bike by KODO Concept adalah sebuah rancangan sepeda balap yang ingin mengekspresikan keindahan alami yang tertanam pada sepeda tersebut. Struktur minimalisnya dibangun dengan menggunakan jumlah komponen yang seminim mungkin. Kerangkanya dibentuk secara cermat dan hati-hati dengan menempa satu per satu lembaran baja.

Pelana kulit yang berwarna hitam hasil jahitan tangan menampilkan keseragaman desain benang dan jahitan warna merah yang serupa dengan desain All-New Mazda MX- 5. Gabungan unsur dinamisme dan daya tarik yang terdapat pada rancangan sepeda ini juga mengingatkan pada rancangan dari Mazda MX-5.

Adapun rancangan dari Sofa by KODO Concept merupakan karya hasil kolaborasi dari desainer Mazda dan perancang furnitur dari Italia, yang menampilkan perpaduan yang indah dari desain Mazda dengan kepekaan yang halus serta keahlian khas Italia yang ternama dengan tradisi dan hasil karya furniturnya.

Bentuk desain sofa ini terlihat tegap seperti desain dari All New Mazda CX-3 yang juga membangkitkan nuansa sebuah sikap dan posisi yang kuat yang juga terlihat di seluruh desain produk-produk generasi terbaru Mazda. “Dalam beberapa tahun ke belakang,

desain telah menjadi hal yang paling mendasar dalam menentukan jati diri kami yang menambahkan nilai artistik ke dalam nilai-nilai serta pengalaman yang dirasakan bersama brand Mazda,” ujar Masahiro Moro, Managing Executive Officer Mazda Motor Corporation, in charge of Global Marketing, Customer Service and Sales Innovation di Mazda.

“Oleh karena itu, sudah seharusnya Mazda memperkenalkan dan menyampaikan pesan-pesan yang terkandung di dalam desain Mazda ini di Kota Milan yang terkenal sebagai pusat dari dunia desain. Hal ini agar kami dapat mengangkat citra dari brand Mazda di dunia internasional.

Ke depannya, Mazda akan menghadirkan lebih banyak lagi kesempatan-kesempatan untuk memperkenalkan Mazda dan juga desain dari Mazda kepada para pelanggan kami agar dapat meningkatkan nilai dari brand Mazda dan juga memperkuat ikatan emosional kami dengan para pelanggan Mazda,” tutur Masahiro.

Wahyu sibarani
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5746 seconds (0.1#10.140)