Rak Buku Unik Pelengkap Ruangan

Rabu, 22 April 2015 - 09:55 WIB
Rak Buku Unik Pelengkap...
Rak Buku Unik Pelengkap Ruangan
A A A
RAK buku yang biasanya memiliki ukuran besar dan terkesan bulky bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuk rak kini tidak lagi harus masif dan teratur. Rak bahkan dapat dimanfaatkan sebagai pembatas ruangan.

Material rak buku bisa berupa stainless steel, plywood, pelat besi, kaca, atau kombinasi antara bata atau beton cetak dan kayu. Stainless steel memberikan kesan modern dan ringan. Sementara, jika memakai plywood , pilihan finishing- nya beragam.

Misalkan lapis HPL, cat duco , melamic , atau pelitur. Sebagai aksen, kombinasikan dengan material kaca berlapis stiker dekoratif atau sandblast , serta pencahayaan untuk menciptakan kesan dramatis. “Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat kita ingin mengaplikasikan rak buku di dalam ruangan. Salah satunya, perhatikan terlebih dulu ukuran ruang yang ada. Ada baiknya dimensi rak buku dibuat proporsional sehingga tidak membuat ruangan menjadi sempit dan jangan lupakan koleksi buku yang kita punya,” kata desainer interior Rina Renvil.

Rina menyebutkan, penempatan dan fungsi lain rak buku di ruangan juga perlu menjadi pertimbangan. Apakah rak buku tersebut akan menjadi lemari tanam, sebagai partisi, pengisi ruang bawah tangga, atau sebagai elemen estetis? Jika ada kesulitan, ada baiknya konsultasikan hal itu kepada ahlinya. Supaya terlihat lebih unik, Anda bisa membuat rak buku dengan menggunakan bentuk yang tidak biasa dan tak terlalu simetris supaya tidak terlihat kaku. Cobalah membuat rak buku berbentuk ranting atau berbentuk bulatan-bulatan melingkar. Kalau Anda ingin lebih berkreasi, dapat membuat rak berbentuk kotak-kotak dengan pola tidak beraturan.

Dengan cara ini, ruangan di rumah akan semakin terlihat ceria dan dinamis. Apalagi jika rak yang digunakan menampilkan warna terang yang dominan, pasti furnitur yang terlihat biasa ini akan tampil lebih menawan. Cara pengaturan barang di atas rak juga harus diperhatikan jika ingin menciptakan suasana estetis yang tinggi di dalam rumah. Daripada membariskan semua buku Anda secara vertikal di rak, cobalah melakukan sedikit teknik tidak beraturan dengan meletakkan sebagian buku secara horizontal dan sebagian buku lain secara vertikal.

Jika Anda ingin lebih berkreasi lagi, bisa membuat rak buku model gantung dengan menggunakan tali dan sanggaan kayu. Selain buku, Anda juga boleh meletakkan benda favorit seperti topeng, hiasan miniatur yang unik, pigura foto, atau vas bunga kecil sebagai pemanis di sana. Untuk menciptakan keunikan, Anda bisa pula membuat rak buku tipis di tiga tempat terpisah secara tidak beraturan sehingga membuat buku terlihat melayang. Ingin membuat rak yang tampil beda?

Anda bisa menciptakan rak dinding yang ramah lingkungan dengan menggunakan kertas karton tebal. Anda tinggal menghiasnya dengan berbagai macam benda favorit. Selain bisa menjadi pemanis ruangan, dengan cara tersebut, rumah Anda pun akan mempunyai karakter khas yang menunjukkan personality Anda. Jadi, sudah siapkah Anda menambah furnitur di rumah dengan rak buku? Selamat mencoba!

Aprilia s andyna
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0873 seconds (0.1#10.140)