Plesir ke Kota Chernobyl, Sisa Perang Nuklir Ukraina

Jum'at, 24 April 2015 - 06:08 WIB
Plesir ke Kota Chernobyl, Sisa Perang Nuklir Ukraina
Plesir ke Kota Chernobyl, Sisa Perang Nuklir Ukraina
A A A
UKRAINA - Berkat ledakan nuklir di Ukraina, membuat salah satu kotanya kini menjadi salah satu objek wisata yang menarik. Saat ledakan dahsyat menghancurkan Reaktor 4 pembangkit listrik Chernobyl, (26/4/1986) peristiwa itu menjadi kecelakaan nuklir terburuk di dunia.

Dilansir dari CNN, kini banyak wisatawan yang ingin menuju Zona Eksklusi Chernobyl, radius 30 kilometer dari wilayah yang terkontaminasi di sekitar pembangkit listrik. Tentunya hal ini memberi keuntungan bagi perusahaan wisata.

Meski Ukraina Timur dalam keadaan yang tidak stabil, namun Chernobyl masih menarik perhatian wisatawan. Para wisatawan yang datang berkunjung tak merasa khawatir dengan kontaminasi di zona tersebut.

Sebab, sebuah hotel di dalam wilayah zona eksklusi tersebut yang berhasil menarik wisatawan. Meski demikian, keamanan wisatawan teramat ketat. Wisatawan harus melalui pemeriksaan keamanan dan panduan wisata.

Dengan menggunakan bus wisata, wisatawan dapat menuju ke situs yang memakan waktu dua jam perjalanan ke wilayah sebelah utara dari Ibu Kota Ukraina, Kiev. Sesampainya di sana, wisatawan harus menandatangani persetujuan atas peringatan tidak menyentuh barang atau vegetasi, sampai setuju tidak duduk di atas tanah.

Sementara itu untuk meninggalkan situs ini, ada aturan tersendiri. Pemindaian tubuh dilakukan untuk menguji radiasi tingkat tinggi. Jika alarm pemindai berbunyi, petugas akan memeriksa individu, mencari debu radioaktif yang mungkin terbawa, sebelum akhirnya mereka diizinkan meninggalkan tempat.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5957 seconds (0.1#10.140)