Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan

Sabtu, 25 April 2015 - 11:38 WIB
Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan
Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan
A A A
Selama ini yoghurt dikenal hanya sebagai dessert saja dan belum banyak orang yang mengetahui manfaat sebenarnya. Padahal, yoghurt merupakan salah satu sumber makanan terbaik dengan berbagai manfaat kesehatan.

Yoghurt merupakan hasil fermentasi susu segar dengan bakteri asam laktat Lactobacillus bulgariusdan Streptococcus thermophilus. Yoghurt mengandung nutrisi dan probiotik, mudah dicerna dan memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan manusia. Mulai dari menyehatkan pencernaan, membantu menurunkan berat badan, mencegah tekanan darah tinggi, mencegah jantung koroner, mencegah hipertensi, hingga menurunkan kolesterol.

Yoghurt juga merupakan sumber kalsium yang dapat mencegah tulang menjadi keropos. Segala kebaikan nutrisi yang terkandung di dalam susu pun pasti ada di yoghurt, seperti karbohidrat, laktosa, protein, dan mineral. Selain mengandung bakteri baik, yoghurt juga mengandung probiotik yang membantu fungsi saluran cerna dan melawan bakteri patogen dalam usus sehingga dapat mencegah kanker saluran cerna atau kanker usus.

Selain kanker usus, berbagai masalah pencernaan lainnya, seperti sembelit, wasir, radang usus, dan typhus juga dapat dicegah dengan memiliki pencernaan yang sehat, salah satunya dengan cara mengonsumsi yoghurt secara teratur. Dokter spesialis gizi klinis dari FKUI, dr Marya Haryono MGizi SpGK, mengatakan pencernaan memegang peranan yang penting bagi kesehatan.

Nutrisi makanan hanya akan terserap sempurna apabila kita memiliki pencernaan yang sehat. Menurut dia, mengonsumsi yoghurt terbukti dapat meningkatkan kerja organ pencernaan, baik lambung, usus halus, dan usus besar. Bakteri baik di yoghurt dapat mencegah infeksi usus dan menghambat sel-sel kanker di saluran pencernaan.

“Tidak ada pemilihan waktu yang paling baik kapan mengonsumsi yoghurt, kapan saja bisa, yang paling baik jika mengonsumsinya bersamaan dengan serat seperti buah dan sayur sebanyak 25-30 gram serat atau 5 porsi,” kata dr Marya dalam acara Media Workshop with Heavenly Blushdi Sukabumi, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Manfaat lain yoghurt yang jarang diketahui adalah mencegah tekanan darah tinggi dan jantung koroner. Itu berdasarkan penelitian yang dilakukan Shiraz University of Medical Science bersama dengan Armenian Agricultural Academy. Sebanyak 46 responden yang memiliki level kolesterol 200-304 mg/dl membuktikan bahwa konsumsi yoghurt yang mengandung probiotik selama 4 minggu dapat menurunkan LDL level dan total kolesterol.

Yoghurt juga merupakan sumber kalsium yang aman dikonsumsi semua orang, termasuk penderita lactose intolerance. Lactose Intolerance adalah sebuah ketidakmampuan tubuh untuk mencerna dan menyerap laktosa (gula yang terdapat dalam susu) karena berkurangnya atau tidak adanya enzim laktase yang sering kali ditandai dengan gejala seperti diare, muntah, kembung, mual, kram perut dan keluarnya gas berbau asam dari tubuh.

Jika seorang penderita lactose Intolerancememaksakan untuk minum susu akan berisiko terkena dehidrasi, berat badan turun, berisiko defisiensi kalsium sehingga menjadi osteoporosis. “Rata-rata semakin umurnya bertambah, semakin mendekati lactose intolerance, terutama populasi di Asia, susah untuk sembuh karena ini kaitannya dengan kadar laktosa,” kata Marya.

Dia lebih lanjut mengatakan bahwa lactose intolerance diderita sekitar 70% dari populasi dunia, hampir 100% di Asia, dan kasus yang sama juga terjadi di Indonesia. “Untuk mencukupi kebutuhan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh, penderita lactose intolerancedapat menggantinya dengan konsumsi yoghurt.

Walaupun sama-sama berasal dari susu, yoghurt tetap bisa dikonsumsi karena kandungan gula atau lactose pada susu berubah menjadi bagian yang lebih sederhana, yaitu glukosa dan galaktosa saat mengalami fermentasi,” katanya. Menurut Marya, rekomendasi kebutuhan kalsium adalah 1000 mg per hari atau cukup dari minum susu 2 gelas dan konsumsi yoghurt.

Dia juga mengatakan dari beberapa makanan yang mengandung kalsium seperti ikan salmon, brokoli, ikan tuna, dan bayam, yoghurt-lah yang memiliki kandungan kalsium paling tinggi, yaitu 415 mg. “Cukup makan, konsumsi yoghurt 2x dalam sehari dan ditambah makanan mengandung kalsium lainnya, maka tercukupilah kalsium yang ada dalam tubuh kita,” katanya.

Manfaat lain dari yoghurt adalah berguna bagi kulit, bisa dipakai sebagai moisturizer, antiaging, dan anti-kolesterol. Yoghurt dapat mengikat kolesterol dalam usus, menghambat reabsorpsi empedu dan menghambat absorpsi kolesterol.

Iman firmansyah
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6011 seconds (0.1#10.140)