Kado Spesial Ulang Tahun

Kamis, 30 April 2015 - 08:30 WIB
Kado Spesial Ulang Tahun
Kado Spesial Ulang Tahun
A A A
PADA hari ulang tahun ke-9, PT Mazda Motor Indonesia (MMI) membawa dua mobil baru, New Mazda6 dan New Mazda CX-5, sebagai kado spesial. Apa yang istimewa dari kedua mobil tersebut?

Perbaikan sekecil apa pun yang dibuat pasti akan memiliki dampak yang besar. Prinsip seperti ini sepertinya dipegang oleh Mazda saat memperkenalkan mobil terbaru mereka, New Mazda6 dan New Mazda CX-5, sekaligus bertepatan dengan hari ulang tahun ke-9 PT MMI yang jatuh pada hari Senin (27/4) lalu.

Selain Mazda2, Mazda CX-5 dan Mazda6 jadi sosok penting bagi kesuksesan Mazda di pentas automotif Indonesia. Sejak 2013 hingga 2014, Mazda CX-5 berhasil membukukan penjualan sebesar 7.146 unit, sedangkan Mazda6 yang merupakan produk flagship dari Mazda mencatatkan penjualan sebanyak 564 unit dari 2013 ke 2014. Lalu, ketika sosok sepenting Mazda CX-5 dan Mazda6 mengalami perbaikan, tentu menimbulkan pertanyaan, apa lagi yang mau ditambahkan?

Jawabnya, salahkan pada New Mazda2. Hadirnya Mazda2 memaksa Mazda6 dan Mazda CX-5 bergerak lebih maju. Lihat saja mobilnya, Anda akan dapat dengan mudah mengidentifikasi beberapa bagian penting di Mazda2 terdapat di kedua mobil tersebut. Di bagian eksterior, misalnya, penggunaan lampu LED dan DRL dengan desain mata elang eksotis kini sudah teraplikasikan di kedua mobil tersebut. Begitu juga penataan grille yang lebih modern.

Di Mazda CX-5, grille yang semula sarang lebah berubah menjadi garis-garis. Begitu juga dengan Mazda6 dengan sayap grille yang semakin menebal. Malahan, iluminasi warna yang bersinar dari sayap Mazda6 membuat mobil ini terlihat keren saat di kegelapan malam. Beranjak ke interior, penggunaan MZD Connect yang ada di Mazda2 juga ditemukan di dalam kedua mobil ini. Kehadiran MZD Connect membuat Mazda6 dan Mazda CX-5 hadir dengan desain dasbor yang baru.

Hadirnya Mazda Controller guna mengakses MZD Connect membuat Mazda merombak penataan kabin. Inilah mengapa rem tangan konvensional diganti dengan electronic parking brake . Semakin mahal mobil tersebut, maka semakin mewah penataannya. Misalnya di Mazda6, dasbor dan kontrol panel yang ada di bagian interior hadir dengan beberapa elemen premium, seperti sentuhan piano black dan jahitan ganda di tuas transmisi.

Kedua mobil juga memiliki pengaturan jok mobil secara elektris. Hanya karena Mazda6 merupakan flagship model, maka fasilitasnya makin lengkap seperti dengan tirai elektris di bagian kaca belakang. Perbedaan ini memang terjadi karena pendedikasian kedua mobil tersebut. Mazda6 menyasar para eksekutif yang warawiri di jalan Ibu Kota, sedangkan Mazda CX-5 mencoba menggoda keluarga yang membutuhkan kendaraan yang tangguh.

Inilah mengapa PT MMI menawarkan Mazda CX-5 dengan empat varian yakni Sport, Urban, Touring, dan GT. Setiap varian memiliki kelengkapan dan fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Selebihnya, Mazda6 dan Mazda CX- 5 terutama varian GT bak pinang dibelah dua. Contohnya, pengaturan suspensi baru dan insulasi kabin yang maksimal sehingga gangguan suara dari luar bisa diminimalkan.

Selain itu, peningkatan teknologi baru seperti i- ACTIVESENSE. Beberapa fitur i- ACTIVESENSE baru yang ditanamkan di kedua mobil ini seperti adaptive LED headlamps , lane keep assist system, driver attention alert, advanced blind spot monitoring, dan smart city brake support. Smart city brake support aslinya memang sudah ada di Mazda6. Fitur ini bisa menghentikan mobil dengan seketika, dalam kecepatan maksimal 30 kilometer per jam, ketika ada objek di depan mobil.

Bedanya, di Mazda6 dan Mazda CX-5 baru, fitur ini tidak hanya bisa mendeteksi objek yang ada di depan mobil, juga yang ada di belakangnya. Inilah mengapa seperti ditulis di awal, perbaikan sekecil apa pun pasti memberikan dampak yang besar.

Wahyu sibarani
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7706 seconds (0.1#10.140)