Menggunakan Custom White Balance

Selasa, 05 Mei 2015 - 11:09 WIB
Menggunakan Custom White Balance
Menggunakan Custom White Balance
A A A
SEPERTI pembahasan kita di edisi sebelumnya, suhu warna dari tampilan sebuah hasil foto sangat bergantung pada pengaturan White Balance (WB) di kamera kita.

Sebagian besar kamera digital menyediakan pilihan WB yang sudah diset dalam beberapa pilihan kondisi pencahayaan dengan ikon-ikon ilustrasi yang mudah dimengerti pengguna seperti pencahayaan Daylight, Shade, Tungsten, dan lainlain. Namun kadang kala pilihan yang tersedia tidak dapat menghasilkan tampilan suhu warna yang benar-benar netral dengan pengertian kertas putih benar-benar terlihat putih pada hasil foto, tidak cenderung kemerahan ataupun kebiruan.

Dalam keadaan tersebut, semua benda lain di bawah suhu pencahayaan bidikan tersebut akan menampilkan warna aslinya. Untuk mendapatkan WB yang akurat, kita bisa menggunakan pilihan Custom White Balance (Custom WB) dengan bantuan sebuah gray card yang dapat dibeli di toko-toko kamera dan perlengkapan fotografi, atau cukup dengan selembar kertas/ karton putih. Caranya cukup sederhana. Untuk pengguna kamera DSLR Canon EOS, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1
Letakkan gray card/karton putih di lokasi pemotretan dengan situasi pencahayaan yang sama dengan situasi yang akan kita foto. Lalu jepret foto gray card/karton putih tersebut dengan kamera kita di mode P/Av/Tv. Penuhi keseluruhan bingkai bidikan dengan permukaan gray card/karton putih tersebut. Gunakan fokus manual karena fungsi AF mungkin kesulitan bekerja jikakeseluruhan bingkai hanya ada bidikan polos. Pengaturan WB yang digunakan saat mengambil foto ini tidak berpengaruh sehingga tidak perlu khawatir jika hasil foto gray card/karton putih kita terlihat agak kekuningan atau kebiruan.

Langkah 2
Masuk ke menu kamera dan carilah opsi Custom White Balance. Kemudian kamera akan meminta kita memilih foto untuk dijadikan acuan data WB.

Langkah 3
Pilihlah foto gray card/karton putih yang kita ambil tadi kemudian pilih SET. Jika foto yang kita ambil terlalu terang atau terlalu gelap ataupun permukaan gray card/karton putihnya tidak memenuhi bingkai bidikan sehingga menjadi tidak akurat untuk dijadikan acuan data WB, kamera akan menampilkan pesan peringatan bahwa WB dari acuan foto tersebut kemungkinan tidak akurat.

Langkah 4
Masuklah ke menu pengaturan WB dan pilih Custom WB. Untuk pengguna kamera saku Canon IXUS dan PowerShot, pengaturan Custom White Balance lebih mudah dan sederhana. Tinggal pilih menu Custom WB dan layar monitor kamera akan menampilkan kotak bidikan kecil di bagian tengah.

Arahkan kamera pada gray card/karton putih yang kita bawa dan penuhi kotak bidikan di tengah tersebut dengan permukaan gray card/karton putih yang kita bawa. Lalu lakukan Evaluate White Balance dengan menggunakan tombol yang tertera. Nah, cukup gampang kan untuk mendapatkan WB akurat saat kita memotret di ruangan dengan pencahayaan yang cenderung warm atau cool.

Jangan lupa untuk selalu mengembalikan pengaturan WB kamera ke AWB jika sudah selesai memotret supaya pada hasil foto dari pemotretan berikutnya di tempat dan situasi pencahayaan berbeda tidak keterusan memakai WB yang digunakan sebelumnya.

Sintra Wong
Division Manager Canon Image Communication Product Div. PT Datascrip.
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4699 seconds (0.1#10.140)