Bingung Beli Kartu Internet

Selasa, 05 Mei 2015 - 11:10 WIB
Bingung Beli Kartu Internet
Bingung Beli Kartu Internet
A A A
TANYA
Saya akan membeli kartu untuk berinternet, tetapi masih ragu sebaiknya membeli kartu Telkomsel, XL, atau Indosat. Saya ingin yang sinyalnya bagus. Kalau dipakai untuk berinternet juga murah dan lancar. Apa yang sebaiknya saya beli? Satu lagi. Paket internet unlimited XL yang Rp2.000 dan Rp12.500 apakah sudah dihapus? Saya cek di *123*3# hanya ada Super Unlimited, HotRod Pro 24 jam, HotRod 3G+, Super Ngebut, Opera, dan FB. Saya cari-cari di www.xl.co.id juga tidak ada. Rochmad Edi wa***@gmail.com

JAWABAN
Pak Rochmad, intinya Anda sedang bingung memilih operator GSM yang memenuhi tiga kriteria sekaligus ya. Yaitu, sinyal bagus, tarif internet murah, dan layanan internet lancar. Benar begitu, bukan? Jawabannya, tidak ada operator yang sanggup memenuhi semua persyaratan itu. Bagus, murah, dan lancar seringkali tidak bisa berjalan beriringan. Bila tarifnya murah, layanan internetnya mungkin kurang lancar. Sebaliknya, bila ingin yang layanan internetnya lancar, tarifnya seringkali tidak terlalu murah.

Hal lain yang perlu dipahami, performa layanan internet bergerak (mobile internet) dipengaruhi pula oleh lokasi. Jumlah pengguna di suatu lokasi, konstruksi bangunan, dan kondisi area sekitar turut menentukan cepat lambatnya kecepatan internet yang diperoleh pengguna. Saran saya, belilah kartu perdana semua operator dulu. Harga kartu perdana saat ini sudah murah kok. Aktifkan paket internet harian dan gunakan di lokasi Anda biasa beraktivitas.

Mana yang terbaik, itulah yang dipilih. Bila Anda rutin berinternet, sebaiknya Anda sekalian mengaktifkan paket internet bulanan. Asal tahu, operator yang sekarang terbaik, bulan depan belum tentu terbaik. Sebagai pengguna, Anda dan saya memang harus rajin-rajin mencoba aneka operator. Saya biasanya minimal mengaktifkan paket internet dari dua operator yang berbeda. Tujuannya, kala layanan internet satu operator terganggu, saya masih memiliki cadangan.

Terkait paket internet unlimited XL, setahu saya, operator GSM itu sedang melakukan evaluasi. Pelanggan lama paket internet unlimited harian Rp2.000 dan mingguan Rp12.500 masih bisa menikmati layanan tersebut. Asalkan sisa pulsa memadai, perpanjangan otomatis tetap dapat dilakukan. Hal serupa berlaku untuk paket internet unlimited bulanan Rp49.000.

Namun, paket-paket internet unlimited XL di atas sudah tidak bisa diaktifkan oleh calon pelanggan baru. Kalau menginginkan paket internet unlimited, calon pelanggan baru hanya dapat memilih paket Super Unlimited bertarif Rp149.000.

Herry Setiadi Wibowo (HSW) di email konsultasi@herrysw.com
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4614 seconds (0.1#10.140)