Macam-Macam Ukuran Kartu

Selasa, 05 Mei 2015 - 11:11 WIB
Macam-Macam Ukuran Kartu
Macam-Macam Ukuran Kartu
A A A
TANYA
Waktu membeli ponsel baru saya sempat bingung karena ponsel itu memakai kartu SIM yang lebih kecil daripada milik saya. Untung penjualnya bersedia membantu memotongkannya. Ada berapa macam ukuran kartu SIM, Om? Kochi, dwinita***@gmail.com

JAWABAN
Ada empat macam ukuran kartu SIM. Pertama, full-size SIM. Ukurannya relatif setara dengan kartu ATM, KTP, atau SIM. Sebagian ponsel GSM yang beredar di Indonesia pada 1990-an memakai kartu SIM ini. Sekarang tak ada lagi ponsel yang menggunakan full-size SIM.

Kedua, mini SIM. Karena jumlah penggunanya banyak dan sampai kini masih rutin dipakai di aneka ponsel, mini SIM sering dianggap sebagai kartu SIM berukuran standar/ reguler. Ketiga, micro SIM. Bayangkan kartu mini SIM yang sekelilingnya dipotong sebagian. Itulah kartu micro SIM. Saya menduga ponsel baru Anda memakai micro SIM.

Keempat, nano SIM. Saat ini nano SIM adalah kartu SIM berukuran terkecil yang beredar di pasar. Selain lebih mungil, nano SIM sedikit lebih tipis dibandingkan full-size SIM, mini SIM, dan micro SIM.

Herry Setiadi Wibowo (HSW) di email konsultasi@herrysw.com
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6870 seconds (0.1#10.140)