Penyakit Akibat Diabetes

Rabu, 06 Mei 2015 - 09:05 WIB
Penyakit Akibat Diabetes
Penyakit Akibat Diabetes
A A A
Gagal ginjal.

Meningkatnya kadar gula darah bisa membuat tugas ginjal semakin berat. Ginjal yang seharusnya hanya bertugas menyaring racun, terpaksa bekerja ekstra menyaring kelebihan gula dalam tubuh. Tugas yang semakin berat ini lamakelamaan akan membuat ginjal mengalami kerusakan.

Hipertensi.

Diabetes dan hipertensi memiliki kaitan yang sangat erat. Saking dekatnya, penderita diabetes disebut-sebut memiliki risiko terkena hipertensi dua kali lipat dibandingkan orang tanpa diabetes. Orang dengan diabetes memiliki risiko tinggi mengalami penyumbatan pembuluh darah yang bisa memicu hipertensi.

Penyakit jantung.

Penyumbatan darah yang diakibatkan oleh diabetes ini tak hanya berisiko menyebabkan hipertensi, juga membahayakan jantung. Penyumbatan pembuluh darah ini akan menghambat suplai nutrisi dan oksigen ke jantung. Kurangnya nutrisi membuat jantung tak lagi bisa bekerja secara optimal.

Ulkus diabetes melitus.

Kadar gula darah yang tinggi menyebabkan bakteri jahat tumbuh subur di daerah sekitar luka. Tak heran jika luka kecil bisa berkembang menjadi ulkus atau gangren yang sulit disembuhkan. Bakteri jahat itulah yang menyebabkan infeksi.

Retinopati Diabetik.

Meningkatnya kadar gula darah sangat berpotensi menyebabkan gangguan penglihatan. Awalnya gangguan dirasakan ringan. Lama-lama retina mata bisa tidak berfungsi dan menyebabkan kebutaan.

Larissa
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5693 seconds (0.1#10.140)