Cegah dengan Makanan Ini

Kamis, 07 Mei 2015 - 09:15 WIB
Cegah dengan Makanan...
Cegah dengan Makanan Ini
A A A
1. Dressing Salad yang berbahan dasar minyak

Vitamin E sangat berperan penting mencegah penyakit ini. Vitamin E tinggi bisa didapat dari sayuran sehat dengan dressing salad yang berbahan dasar minyak, kacang-kacangan, selai kacang, serta biji-bijian. Hal itu diungkapkan oleh Martha Clare Morris ScD, Direktur bagian gizi dan nutrisi epidemiologi Departemen Internal Medicine di Universitas Rush, Chicago. Vitamin E merupakan sumber antioksidan yang kuat untuk membantu melindungi neuron atau sel saraf otak.

2. Ikan

Ikan tuna, salmon, dan makarel mengandung asam lemak omega 3 dan asam docosahexaenoic (DHA). Di dalam otak, DHA memiliki peran penting agar neuron dapat berfungsi secara normal.

3. Sayuran hijau

Kandungan vitamin E dan asam folat pada kale, collard hijau, bayam, dan brokoli membuat sayuran ini efektif mencegah alzheimer. Asam folat dapat melindungi otak dengan menurunkan kadar asam amino yang dikenal sebagai homocysteine di dalam darah. Sementara telah diketahui bahwa tingginya kadar homocysteine dapat memicu kematian sel-sel saraf otak dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

4. Alpukat

Buah alpukat memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, yaitu kaya antioksidan vitamin E. Sebuah penelitian menyebutkan, makanan yang mengandung vitamin E seperti alpukat dapat menurunkan risiko terkena penyakit alzheimer.

5. Kacang tanah dan selai kacang

Meskipun kedua bahan tersebut tinggi kandungan lemaknya, kacang tanah dan selai kacang cenderung menjadi sumber lemak yang sehat dan vitamin E. Kedua makanan ini dapat membantu menjaga jantung dan otak tetap sehat serta dapat berfungsi dengan baik.

6. Anggur merah dan buah berry

Penelitian telah menunjukkan, anggur merah dan buah berry memiliki fungsi sebagai salah satu jenis makanan pencegah penyakit alzheimer. Penelitian terbaru yang dipresentasikan pada National Meeting of the American Chemical Society di Boston menemukan bahwa blueberry, stroberi, dan buah acai dapat membantu menahan penurunan kognitif dengan menjaga mekanisme alami otak yang berkurang karena usia.

Larissa
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0903 seconds (0.1#10.140)