Penderita Gagal Ginjal Wajib Kurangi Asupan Cairan

Jum'at, 08 Mei 2015 - 11:10 WIB
Penderita Gagal Ginjal Wajib Kurangi Asupan Cairan
Penderita Gagal Ginjal Wajib Kurangi Asupan Cairan
A A A
JAKARTA - Normalnya asupan cairan dianjurkan sebanyak dua liter sehari. Namun hal ini tidak berlaku bagi penderita gagal ginjal. Sebab, penderita gagal ginjal harus mengurangi asupan cairan.

"Pada penderita gagal ginjal kronik, pemberian air berlebihan bisa mempercepat penurunan fungsi ginjal. Karena penyakitnya ini membuat seseorang tidak bisa mengeluarkan cairan secara normal," papar Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG) Budi Wiweko di RSCM, Jakarta.

Dalam pembatasan konsumsi cairan, perlunya memperhatikan produksi pembuangan urine dalam sehari. Umumnya, pasien gagal ginjal akan jarang membuang urine.

"Jangan sampai jumlah cairan yang masuk lebih banyak dari pada yang dikeluarkan. Selain membuat fungsi ginjalnya semakin menurun, mereka juga berisiko mengalami overhidrasi atau kelebihan cairan," ujarnya.

Lebih lanjut Budi menjelaskan, overhidrasi dapat menyebabkan hilang kesadaran karena pembengkakan otak. Sebab, air yang berlebihan dapat masuk ke dalam sel-sel otak.

"Air dapat masuk ke dalam sel-sel otak karena kadar natrium di dalam darah (di luar sel) rendah, sehingga akan terjadi upaya penyeimbangan lingkungan dalam dan luar sel melalui perpindahan air dari luar sel ke dalam sel-sel otak," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5519 seconds (0.1#10.140)