7 Trik Tampil Percaya Diri

Sabtu, 09 Mei 2015 - 09:54 WIB
7 Trik Tampil Percaya Diri
7 Trik Tampil Percaya Diri
A A A
Merasa percaya diri memang susah-susah gampang. Terkadang mudah dibicarakan, tapi tak demikian dengan praktiknya. Padahal, sudah terbukti bahwa percaya diri tanpa berlebihan akan membuat Anda bisa melewati banyak hal dalam hidup. Tak hanya di kehidupan pribadi, juga di karier, pendidikan, dan lainnya. Dilansir www.themuse.com , ada tujuh rahasia yang bisa Anda catat dalam notes kerja Anda.

Bicaralah lebih lambat

Terlepas dari motivasi, sadar atau bawah sadar, berbicara terlalu cepat menunjukkan kurangnya otoritas atau kurangnya kepercayaan diri. Selain itu, ketika berbicara dengan cepat, Anda akan lebih mudah membuat kesalahan dalam ucapan, dan Anda memiliki sedikit waktu untuk memikirkan kata-kata yang akan keluar dari mulut. Dengan berbicara lebih lambat, pendengar atau audiens akan memiliki lebih banyak waktu untuk mencerna kata-kata Anda. Satu hal yang penting, Anda akan jauh lebih sedikit membuat kesalahan fatal yang membahayakan integritas Anda.

Gunakan jeda dalam berbicara

Menggunakan jeda adalah strategi lain yang dapat membantu Anda berbicara lebih lambat. Jeda atau istirahat ini juga akan memberikan dampak yang lebih baik untuk gaya berbicara Anda.

Hindari hal berlebihan yang tidak terkait

Dalam percakapan sehari-hari, hal berlebihan yang tidak terkait dengan isi pembicaraan bisa merusak pembicaraan Anda. Misalnya, ketika Anda sedang wawancara kerja dan menjawab pertanyaan secara langsung, lalu Anda kaitkan dengan sesuatu yang terjadi pada Anda beberapa tahun lalu. Hal itu bisa menjadi tanda bahwa Anda gugup dan mencari cara untuk mengisi ruang kosong itu. Karena itu, fokuslah dengan apa yang relevan.

Rendahkan nada suara Anda

Coba Anda dengarkan beberapa pidato paling terkenal sepanjang sejarah, saat politisi ternama berpidato, bahkan penyiar berita lokal berbicara. Anda akan menemukan bahwa sebagian besar dari mereka memiliki nada suara yang lebih rendah dan ini bukan suatu kebetulan. Orang-orang memang cenderung untuk mendengar nada suara yang rendah karena dianggap memiliki otoritas dan kepercayaan diri yang besar.

Kembangkan sikap tubuh Anda

Bahasa tubuh sama pentingnya dalam percakapan, seiring kata-kata yang keluar dari mulut Anda. Ketika sedang duduk atau berdiri di depan audiens, Anda harus mengembangkan sikap tubuh Anda. Berdiri atau duduk tegak dan menjaga kepala terangkat tinggi akan membuat Anda tampak lebih besar dari ukuran tubuh Anda sebenarnya, dan pastinya merasa lebih percaya diri. Plus, Anda akan mendapatkan manfaat tambahan menyelaraskan tubuh sehingga dapat bernapas dan berbicara lebih efisien. Bahasa tubuh ini memerlukan usaha keras, jadi pastikan untuk terus berlatih.

Menggerakkan tangan (gestikulasi)

Gestikulasi adalah praktik menggunakan tangan dan lengan untuk menekankan atau meningkatkan pernyataan verbal Anda. Ini menjadi strategi bahasa tubuh lainnya yang berharga. Pembicara yang menggunakan bahasa tubuh aktif dalam presentasi cenderung dilihat sebagai pribadi yang lebih percaya diri dan lebih berwibawa ketimbang yang tidak aktif menggunakan bahasa tubuhnya. Gerakan tangan yang berbeda dapat memberikan sinyal yang berbeda.

Bicara lebih

Carilah peluang baru untuk berkomunikasi dengan orang lain setiap kali Anda mendapatkan kesempatan dan dalam konteks apa pun. Gunakan strategi berbicara ini untuk berlatih dan fokus pada peningkatan kemampuan Anda

Susi susanti
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3411 seconds (0.1#10.140)