Motor Antimaling dari Yamaha

Minggu, 10 Mei 2015 - 10:30 WIB
Motor Antimaling dari Yamaha
Motor Antimaling dari Yamaha
A A A
MARAKNYAkasus pencurian sepeda motor dan begal menginspirasi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memberikan fitur keamanan baru untuk salah satu model sepeda motor andalannya.

Fitur yang dinamai Yamaha Autosafe itu ditanamkan di GT 125 Eagle Eye Special Edition. Dyonisius Beti, Executive Vice President YIMM, mengatakan, sistem keamanan ini dikembangkan berdasarkan masukan dari konsumen dan dealer bahwa shutter locksaja belum cukup. ”Banyak ide yang muncul, antara lain menyertakan GPS. Namun, di Indonesia, GPS bergantung pada operator dan harus berlangganan per bulan. Tentu ini memberatkan konsumen. Akhirnya, kami ciptakan sistem ini,” kata Dyon.

Perangkat Autosafe ini bekerja dengan tiga komponen yang memiliki fungsi masing-masing, yaitu auto immobilizer, auto alarm, dan auto finder. Ketiganya bersinergi untuk membuat maling frustrasi saat mencoba menggondol sepeda motor. Auto immobilizerakan membuat kunci asli sekalipun tidak bisa digunakan untuk menyalakan mesin sebelum menekan tombol unlockdi perangkat autosafe.

Ditambah auto alarm, sepeda motor akan mengeluarkan bunyi secara otomatis jika kunci dibuka secara paksa dalam posisi sistem pengaman aktif (on). Lalu, pengguna tak perlu susah menemukan sepeda motor di tempat parkir dengan sistem autosafeyang dilengkapi auto finder.

Sistem ini mampu bekerja dengan jarak sampai 35 meter. Sistem ini akan tersedia di Yamaha GT 125 Eagle Eye yang dihargai Rp16,4 juta dan GT 125 Eagle Eye Garuda seharga Rp16,5 juta. Harga ini adalah harga lama alias tidak ada kenaikan setelah dipasangkan dengan sistem antimaling.

wahyu sibarani
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6048 seconds (0.1#10.140)