Arti Gong Xi Fa Cai Xin Nian Kuai Le, Penuh Makna dan Melegenda

Jum'at, 20 Januari 2023 - 20:39 WIB
Gong xi fa cai xin nian kuai le merupakan kalimat yang lazim diucapkan dalam saat tahun baru China atau Imlek. Foto DOK ist
JAKARTA - Gong xi fa cai xin nian kuai le merupakan kalimat yang lazim diucapkan dalam saat tahun baru China atau Imlek. Kalimat yang selalu diucapkan untuk menyambut tahun baru, sudah pasti memiliki arti yang baik.

Dikutip dari laman seputar imlek, Gong Xi Fa Cai atau Kiong Hi Fat Chai, jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti "Selamat dan Sejahtera !".

Sedangkan Arti dari Xin Nian Kuai Le adalah selamat tahun baru Imlek. Xin Nian Kuai Le dulunya diucapkan bersamaan dengan Kiong Hie. Namun saat ini pengucapannya telah bergeser ke Gong Xi Fa Cai yang lebih populer.

Baca juga : Link Twibbon Imlek 2023 Terbaik dan Cara Memasangnya, Gong Xi Fa Cai!

Ucapan selamat hari Imlek ini berawal dari beberapa abad yang lalu. Penggunaan dua kalimat tersebut berdasarkan legenda, maka ucapan ini digunakan untuk memberi selamat ketika penduduk China dapat mengatasi binatang buas Nian yang kerap memangsa mereka.



Dalam mengucapkan selamat hari Imlek ini diikuti dengan gestur tangan khusus yakni melipat tangan kanan di atas dan jari tangan kiri disembunyikan di dalamnya. Gestur ini berlaku untuk perempuan dan laki-laki.

Pada tahun 2023 ini perayaan Imlek akan jatuh pada hari minggu tanggal 22 Januari, sehingga pada orang Tionghoa akan mempersiapkan segala sesuatunya termasuk ucapan hari imlek.

Baca juga : Gong Xi Fa Cai Jadi Trending Topic, Doa Kebaikan Imlek Ramai Digaungkan Netizen di Twitter

Berikut ucapan selamat tahun baru Imlek 2023.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More