Sederet Manfaat Penerapan Metode STEAM untuk Anak Usia Dini

Selasa, 07 Maret 2023 - 23:22 WIB
Pembelajaran dengan metode STEAM sangat efektif diterapkan terhadap anak-anak sejak usia dini. / Foto: Wahyu Nugroho
MEDAN - Pembelajaran dengan metode STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) sangat efektif diterapkan terhadap anak-anak sejak usia dini . Dalam metode ini, anak-anak bakal lebih banyak menyerap pengetahuan dari lingkungan sekitar.

Seperti dikatakan IEYC (International Early Years Curriculum) Head Sampoerna Academy, Alia Md Noh, pembelajaran STEAM pada anak sejak dini menjadi pilihan sangat efektif karena pendekatan ini mendorong mereka untuk melakukan hands-on learning atau mempraktikkan secara langsung.

"Metode ini mengintegrasikan pemikiran dan praktik yang sangat efektif dan efisien dalam membantu peserta didik tetap fokus dan terlibat sepanjang sesi," ungkap Alia saat ditemui usai acara Mommy & Me Over The Rainbow, yang merupakan rangkaian STEAM Expo 2023, di Sampoerna Academy Medan Cipto, beberapa waktu lalu.



Alia juga menjelaskan bahwa pedagogi STEAM dirancang untuk memperkuat lima komponen penting anak yang disebut 5C, yakni Critical Thinking (berpikir kritis), Creativity (kreativitas), Communication (komunikasi), Collaboration (kolaborasi),dan Character (karakter). Lima komponen ini juga sering dikenal sebagai keterampilan abad ke-21.



Setidaknya terdapat enam manfaat pembelajaran STEAM pada anak usia prasekolah, dan berikut ulasannya.

1. Menumbuhkan Kecintaan dan Semangat untuk Belajar Seumur Hidup



Melalui STEAM, anak memiliki relasi dan persepsi positif dengan aktivitas belajar serta mendorong anak menjadi lebih bersemangat dalam mengembangkan keterampilan atau pengetahuan baru. Ini dapat membuat anak menjadi lifelong learner.

2. Membangun Kepercayaan Diri dan Self-esteem

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More