5 Komunitas Tertua di Indonesia, Nomor Terakhir Organisasi Alam Bebas yang Kini Berusia 59 Tahun

Senin, 13 Maret 2023 - 18:17 WIB
Wanadri merupakan salah satu komunitas tertua di Indonesia. Organisasi yang berkegiatan alam bebas ini kini telah berusia 59 tahun. Foto/Wanadri.or.id
JAKARTA - Komunitas tertua di Indonesia relatif tidak terlalu banyak. Meski demikian, ada beberapa yang cukup terkenal dengan organisasi tersebut dan telah berkontribusi banyak dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Mereka yang berkumpul di komunitas-komunitas ini umumnya mempunyai minat serta hobi yang sama hingga akhirnya melakukan kegiatan secara bersamaan.

Bahkan, tak sekadar melakukan hobinya, komunitas ini juga melakukan kegiatan bakti sosial. Lantas komunitas tertua di Indonesia apa saja itu? Berikut informasinya sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

1. Penggemar Motor Udhug Indonesia Soerabaia (Pemudi’s)





Foto/Facebook Pemudi's

Klub Pemudi’s (Penggemar Motor Udhug Indonesia Soerabaia) didirikan pada 22 Februari 1982. Komunitas motor ini telah berusia 41 tahun. Dalam komunitas ini, terdapat jenis motor legendaris buatan Eropa yang pernah turut andil menjadi kendaraan perang.



Sejak berdiri di tahun 1982, Pemudi’s merupakan komunitas yang menampung penggemar motor tua produksi Eropa dari berbagai merek. Pada 1994, Pemudi’s masuk ke dalam MACI (Motor Antique Club Indonesia). Hal tersebut semakin memantabkan komunitas ini yang tidak sekadar main motor atau kumpul-kumpul saja.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More