Apa Hubungan Nyi Roro Kidul dengan Warna Hijau? Ini Jawabannya

Jum'at, 07 April 2023 - 04:40 WIB
Nyi Roro Kidul kerap diidentikkan dengan warna hijau. Foto/Instagram @melsaoktavin
JAKARTA - Nyi Roro Kidul kerap diidentikkan dengan warna hijau. Mengapa bisa demikian?

Nyi Roro Kidul atau menurut cerita rakyat yang berkembang di masyarakat bernama Putri Kadita, digambarkan sebagai sosok perempuan yang sangat cantik. Ia dikenal sebagai Ratu Laut Selatan yang suka mengenakan baju hijau.

Dari informasi itu, kemudian bergulir di masyarakat satu kepercayaan bahwa dilarang bagi siapa pun untuk memakai baju hijau di pantai selatan. Kepercayaan ini masih ada sampai sekarang.





Kenapa Nyi Roro Kidul Identik dengan Warna Hijau?

Jawabannya mungkin karena lukisan yang selama ini kita lihat. Lukisan karya Basoeki Abdullah itu menjadi patokan sosok Nyi Roro Kidul.

Basoeki diketahui pernah beberapa kali melukis sosok Nyi Roro Kidul. Basoeki pernah melukis Nyi Roro Kidul dengan dua ekor kuda yang mana seekor kuda direpresentasikan sebagai dirinya dan kuda lain adalah Panembahan Senopati.

Kemudian, lukisan lain adalah Nyi Roro Kidul dalam posisi muncul dari permukaan samudera dengan mengenakan pakaian hijau gadung berhias sabuk emas berkilauan. Lukisan tersebut juga memperlihatkan rambut Nyi Roro Kidul yang panjang dan indah. Di kepalanya ada mahkota yang tak kalah cantik. Sementara, di samping dan belakangnya ada tujuh ekor kuda yang mengiringi kemunculannya di samudera.

Ada alasan kenapa warna hijau yang muncul di saat Basoeki Abdullah mengalami peristiwa spiritual saat menginap di Hotel Samudera Beach, Pelabuhan Ratu, Jawa Barat.

Ia coba mengaitkan warna hijau dengan kosmologi Jawa, khususnya tentang kedekatan dengan Nabi Khidir. Khidir sendiri kata dasarnya khidr atau al-khadra yang artinya hijau.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More