Mengenal Karimunjawa dan Wisata di Sekitarnya, Indah Banget!

Selasa, 02 Mei 2023 - 17:34 WIB
Karimunjawa merupakan gugusan 27 pulau yang telah ditetapkan sebagai taman nasional laut yang diatur dalam Undang-undang Nomor 24 Tahun 1992. Foto DOK ist
JAKARTA - Karimunjawa merupakan gugusan 27 pulau yang telah ditetapkan sebagai taman nasional laut yang diatur dalam Undang-undang Nomor 24 Tahun 1992. Selain keindahan panorama nya, kekayaan flora dan fauna juga jadi daya tarik wisata kepulauan Karimunjawa.

Dilansir dari Jurnal bertajuk "Potensi dan Pengembangan Paket Wisata Karimunjawa", Taman Nasional Laut Karimunjawa merupakan salah satu kawasan wisata unggulan di tingkat Regional maupun Internasional.



Wisata yang Berada di Sekitar Karimunjawa

Berikut ini delapan objek wisata yang berada di Kepulauan Karimunjawa.

1. Pulau Menjangan Besar

Pulau Menjangan Besar merupakan salah satu anak pulau yang letaknya paling dekat dengan pulau Karimunjawa. Terdapat penangkaran ikan hiu dan ikan Barakuda yang selalu menjadi perhatian para pengunjung di tempat ini.



Dekat penangkaran ikan Hiu dan Barakuda ini terdapat Wisma Apung yang disediakan bagi mereka yang ingin menginap dan bermalam di atas laut.

2. Pulau Menjangan Kecil

Dinamakan Pulau Menjangan Kecil karena letak pulau ini yang berdampingan dengan pulau Menjangan Besar dan punya ukuran yang lebih kecil. Di pulau ini dihiasi oleh hamparan pasir putih luas disertai terumbu karang berwarna-warni dan beraneka jenis ikan hias di lautnya.

3. Pantai Tanjung Gelam

Berada di bagian barat Kepulauan Karimunjawa, wisata ini merupakan zona perkembangan Elang Jawa. Kekayaan laut yang dimiliki wilayah ini juga dirasa sangat mampu untuk menopang kehidupan burung karnivora yang telah dilindungi itu.

4. Pulau Menyawakan

Pulau yang terletak di sebelah barat Karimunjawa ini merupakan tempat penangkaran kura-kura atau yang sering disebut Kura-Kura Resort. Pulau Menyawakan juga menyediakan Water Sport Activity dengan kolam renang yang berukuran cukup besar.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More