Hagia Sophia Gelar Salat Jumat Perdana, Ini Respons Selebritas Tanah Air

Jum'at, 24 Juli 2020 - 18:09 WIB
Setelah 86 tahun, Hagia Sophia akhirnya kembali menjadi masjid dan menyelenggarakan salat Jumat perdana pada 24 Juli 2020. / Foto: Hurriyet Daily News
JAKARTA - Setelah 86 tahun lamanya, Hagia Sophia atau Aya Sofya akhirnya diubah lagi fungsinya menjadi masjid . Untuk kali pertama dalam sejarah modern Turki , Aya Sofya menggelar salat Jumat perdana pada 24 Juli 2020. Salat Jumat perdana tersebut dilaksanakan terbuka untuk laki-laki dan perempuan.

( )

Masyarakat setempat tumpah ruah di sekitar Hagia Sophia . Bahkan, ada juga yang dari sejak Kamis malam sudah menggelar sajadah di luar pagar pembatas kompleks bangunan kuno tersebut.

( Infografis Sejarah Perubahan Hagia Sophia)

Namun, bukan hanya sebagian besar masyarakat Turki , kembali berfungsinya Aya Sofya menjadi masjid turut disambut gembira oleh sebagian masyarakat Indonesia, bahkan di antaranya terdapat juga dari kalangan selebritas . Sejumlah selebritas itu pun menuangkan ucapan selamat dan kegembiraannya melalui akun media sosialnya masing-masing.



( )

"Jumat mubarak. Hari ini bersejarah bagi saudara2 kita di Turky bisa melaksanakan Sholat Jumat kembali setelah 86 tahun di Aya Sofia Camii," tulis Arie Untung dalam caption unggahan Instagram @ariekuntung.



(Foto: Instagram @arieuntung)
Halaman :