Bolehkah Penderita Gula Darah Tinggi dan Kolesterol Mengonsumsi Keju?

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 09:57 WIB
Penderita gula darah tinggi dan kolesterol harus memperhatikan kandungan setiap makanan. Foto/Freepik
JAKARTA - Penderita gula darah tinggi dan kolesterol harus memperhatikan kandungan setiap makanan. Sebab, jika makan sembarangan bisa memicu penyakit seperti diabetes dan jantung.

Salah satunya adalah keju. Pada dasarnya, keju yang terbuat dari fermentasi susu ini menghasilkan asam laktat yang menggumpal dan membentuk kasein dengan menjebak lemak ke dalamnya. Selain itu, keju juga mengandung sembilan asam amino yang tidak diproduksi oleh tubuh.

Dilansir dari laman Nutrisense, ada sekitar 1.400 jenis keju. Varietas itu tergantung pada jenis susu, tingkat kematangan, proses penggumpalan susu dan lain sebagainya.

Setiap jenis keju memiliki kandung yang berbeda-beda. Hal ini yang membuat tidak semua jenis keju dapat dikonsumsi oleh orang yang memiliki kadar gula darah dan kolesterol tinggi.

Keju untuk Penderita Gula Darah Tinggi





Dalam keju, terdapat dua kandungan protein yakni kasein dan protein whey. Protein whey ini dapat merangsang sekresi insulin dan mencegah kenaikan kadar glukosa darah.



Terlebih, sebagian besar keju memiliki kandungan karbohidrat yang rendah dan memungkinkannya memiliki indeks glikemik rendah. Indeks ini nantinya berpengaruh pada gula darah.

Dengan indeks glikemik yang rendah ini tidak membuat kadar gula darah meningkat drastis, sehingga aman untuk dikonsumsi. Namun, bila keju dikonsumsi secara berlebihan, maka akan dapat memengaruhi sensitivitas insulin dan berdampak pada peningkatan risiko diabetes.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More