6 Sayuran yang Menyebabkan Gula Darah Tinggi, Bikin Sulit Kelola Diabetes

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 09:10 WIB
Sayuran yang menyebabkan gula darah tinggi sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan oleh yang menderita diabetes. Makanan ini bisa membuat gula darah naik. Foto/Getty Images
JAKARTA - Sayuran yang menyebabkan gula darah tinggi sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan, khususnya oleh mereka yang menderita diabetes . Menurut penelitian, makanan ini bisa membuat kadar gula darah naik dengan sangat cepat.

Dilansir dari Express, Sabtu (19/8/2023) American Diabetes Association (ADA) menyarankan bahwa meskipun sayuran adalah makanan yang baik, penderita gula darah tinggi hanya boleh makan sebagian dari varietas bertepung.

Adapun sayuran yang menyebabkan gula darah tinggi di antaranya adalah wortel, jagung, kacang polong, bengkuang, labu dan kentang. Makanan ini mengandung karbohidrat, yang dipecah menjadi gula darah dan digunakan oleh sel sebagai bahan bakar.

"Masalah dengan beberapa makanan bertepung adalah dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat, yang dapat mempersulit Anda untuk mengelola diabetes,” kata Diabetes UK.







Foto/Infografis SINDOnews

Untuk menurunkan kadar gula darah, disarankan mengonsumsi sayuran non-tepung dengan indeks glikemik (GI) rendah. Ini karena makanan tersebut dipecah lebih lambat dan menyebabkan peningkatan kadar gula darah secara bertahap dari waktu ke waktu.

Makanan ini meliputi amaranth atau bayam China, artichoke, asparagus, jagung bayi. Selain itu, rebung, kacang, tauge, bit, kubis Brussel, brokoli, dan kubis hijau.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More