5 Tanaman yang Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Kamis, 31 Agustus 2023 - 08:41 WIB
Beberapa tanaman dipercaya bisa menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Dikenal sebagai hipertensi, penyakit ini tidak boleh dianggap sepele. Foto/Getty Images
JAKARTA - Beberapa tanaman dipercaya bisa menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Dikenal sebagai hipertensi, penyakit ini tidak boleh dianggap sepele lantaran pemicu serangan jantung dan stroke.

Beruntungnya, tekanan darah tinggi dapat diturunkan dengan mengatur pola makan. Ahli gizi Dr Pamela Mason mengatakan ada lima tanaman yang bisa memberikan manfaat untuk penderita hipertensi.

Berdasarkan temuannya, Mason merekomendasikan konsumsi jahe, bilberry, cranberry, bawang putih, dan ginseng. Tiga tanaman pertama dalam daftar ini mengandung antioksidan, terutama polifenol yang dapat mencegah tekanan darah naik.

Dilansir dari Express, Kamis (31/8/2023) Mason menjelaskan, senyawa tanaman ini dapat membantu mengurangi tingkat peradangan dan berkontribusi pada kesehatan pembuluh darah.







Foto/Infografis SINDOnews

Polifenol antosianin spesifik pada bilberry terbukti berpotensi menormalkan tekanan darah. Selain itu, jahe juga dapat berkontribusi menurunkan tekanan darah melalui efek pada saluran kalsium di pembuluh darah.

Sementara bawang putih, senyawa tanaman yang disebut allicin disebut bertanggung jawab atas penurunan tekanan darah. Selain itu, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition juga menunjukkan hal serupa.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More