Gejala Kolesterol Tinggi di Bokong yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Nyeri dan Kram

Minggu, 03 September 2023 - 20:00 WIB
Gejala kolesterol tinggi di bokong jarang diketahui. Kolesterol tinggi menandakan kelebihan zat lemak melalui aliran darah sehingga menimbulkan risiko stroke. Foto/Getty Images
JAKARTA - Gejala kolesterol tinggi di bokong jarang diketahui lantaran penyakit ini tidak menunjukkan gejala yang khas. Kolesterol tinggi menandakan kelebihan zat lemak yang mengalir melalui aliran darah sehingga menimbulkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Dilansir dari Times of India, Minggu (3/9/2023) meskipun kolesterol tinggi sering kali tidak menimbulkan gejala peringatan yang jelas, tanda bahaya tertentu mungkin muncul setelah kolesterol menumpuk di dalam arteri Anda.

Penyakit arteri perifer (PAD) adalah suatu kondisi di mana penumpukan kolesterol berkontribusi pada pembentukan plak arteri. Plak ini terdiri dari campuran zat lemak, kolesterol, produk limbah seluler, kalsium, dan fibrin. Ketika plak ini menumpuk, pembuluh darah Anda semakin mengeras dan menyempit.

Salah satu gejala PAD yang menonjol dan sebagai indikator pertama, biasanya muncul di bokong Anda. Tanda awal PAD ini disebut klaudikasio intermiten, yang ditandai dengan sensasi tidak nyaman.







Foto/Infografis SINDOnews

Klaudikasio intermiten bermanifestasi sebagai nyeri, kram, dan ketidaknyamanan, biasanya memengaruhi bokong atau kaki Anda. Sensasi ini umumnya timbul saat melakukan aktivitas fisik dan berkurang saat istirahat.

Selain nyeri atau rasa tidak nyaman pada bokong dan tungkai, PAD juga dapat menimbulkan gejala lain. Seperti rasa terbakar atau nyeri pada kaki dan jari kaki, terutama pada malam hari saat berbaring telentang.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More