Mengenal Penyakit Aneurisma Otak, Penyebabnya Bisa dari Tekanan Darah Tinggi

Kamis, 14 September 2023 - 08:33 WIB
Penyakit aneurisma otak masih asing didengar. Namun, penyakit ini sangat berbahaya karena dapat sebabkan cacat hingga kematian. Foto/ nbcnews.com
JAKARTA - Penyakit aneurisma otak masih asing di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, pada kenyataannya penyakit ini sangat berbahaya karena dapat sebabkan cacat hingga kematian.

Mengutip buku Memahami Aneurisma Otak milik Dr.dr. Mardjono Tjahjadi, Sp.BS(K), PhD, aneurisma otak adalah pelebaran dinding pembuluh darah otak karena lemahnya struktur dinding tersebut.

Semakin besar anuerime, maka akan semakin tipis dinding pembuluh darah dan semakin besar kemungkinan untuk pecah. Ketika pembuluh darah pecah, maka darah akan merembes merendam otak.



"Ada studi di AS, kalau otak terendam darah, 50 persennya fatal. Sementara 50 persen yang hidup apa kembali normal? Enggak. 66 persen akan cacat," kata kata Mardjono Tjahjadi, spesialis bedah saraf di RSPI Pondok Indah, di Little Talk Bistro, Urban Forest Cipete, Jakarta Selatan, Selasa (12/9/2013).



Untuk itu, pada brain aneurysm awareness month atau bulan kesadaran aneurisma otak di September ini, Mardjono Tjahjadi mengajak seluruh masyarakat Indonesia mengenal penyakit aneurisma otak .

Penyebab aneurisma otak

Hingga saat ini, belum diketahui pasti penyebab terbentuknya aneurisma . Namun, para dokter menjelaskan seserang gaya hidup tidak baik dan genetik memiliki risiko lebih risiko lebih tinggi terkena aneurisma otak. Untuk lebih jelasnya, Mardjono Tjahjadi menyebutkan risiko aneurisme otak:

Kebiasaan merokok

Penggunaan kokain atau amfetamin
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More