38 Daftar Lengkap Nama Baju Adat di Indonesia

Jum'at, 22 September 2023 - 06:06 WIB
Baju adat Indonesia yang beragam digunakan oleh anak-anak di momen tertentu. Foto/Istimewa
JAKARTA - Baju adat Indonesia beragam jenisnya. Terlebih negeri ini memiliki 38 provinsi, di mana tiap provinsi menampilkan baju adat yang berbeda.

Baju adat di setiap provinsi Indonesia melambangkan jati diri bagi daerah setempat yang masih kental akan historinya. Baju adat kini tak hanya dipakai pada saat ritual adat saja, namun sudah banyak digunakan pada berbagai lomba dan acara fashion show.

Berikut daftar lengkap nama baju adat di Indonesia.

1. Nangroe Aceh Darussalam

Nama pakaian adat Provinsi Nangroe Aceh Darussalam adalah Ulee Balang. Pakaian adat ini biasanya dipakai oleh para bangsawan beserta keluarganya pada saat ritual adat.

Pakaian adat ini mempunyai tingkatan untuk kalangan raja, ulama, dan juga tokoh kerajaan. Untuk yang laki-laki pakaian adatnya disebut Linto Baro. Sementara untuk yang perempuan disebut Daro Baro.



2. Sumatera Utara

Sumatera Utara mayoritas dihuni oleh suku batak dan melayu. Suku batak juga terbagi menjadi beberapa jenis. Meskipun terbagi dalam beberapa jenis, pakaian adat yang paling terkenal di Sumatera Utara adalah kain ulos. Kain ulos bisa digunakan berbagai kalangan. Jenis ulos juga beraneka ragam tergantung acara dan kegunaannya.

3. Sumatera Barat

Pakaian adat di provinsi ini disebut Padang Bundo Kanduang. Di provinsi ini pakaian adatnya terbagi menjadi dua jenis yaitu pakaian penghulu dan pakaian adat. Hal unik adalah di bagian kepalanya yang menyerupai tanduk.

4. Riau

Pakaian adat provinsi Riau dinamakan Kebaya Laboh dan Teluk Belanga. Di Riau mayoritas penduduknya merupakan suku melayu. Provinsi ini memiliki empat jenis baju adat.

5. Kepulauan Riau

Tak jauh berbeda dengan Provinsi Riau, di Kepulauan Riau pakaian adatnya juga disebut Kebaya Laboh dan Teluk Belanga. Unuk pria pakaian adatnya disebut Teluk Belanga yang terdiri dari celana, songkok, dan kain samping. Sedangkan yang wanita menggunakan baju kurung Cekak Musang dan selendang di bagian bahu.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More