Ini Tahapan Tumbuh Kembang Anak yang Normal, Orang Tua Wajib Tahu!

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 22:52 WIB
Ilham Makalang, Owner GIYATH CDC, dalam Podcast Aksi Nyata di kanal YouTube Partai Perindo, Jumat (20/10/2023). Foto/YouTube Partai Perindo
JAKARTA - Saat baru lahir, anak-anak tidak mengerti dan tak bisa melakukan apa pun. Seiring berjalannya waktu, mereka akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Semua anak sebenarnya memiliki standar tumbuh kembang yang sama.

Ilham Makalang selaku Owner GIYATH CDC menjelaskan, ketika bayi berusia 0-4 bulan, mereka sudah mulai bergerak aktif. Kepala mulai menoleh dan pendengarannya sudah bereaksi terhadap bunyi.

Selanjutnya, ketika anak beranjak 4-6 bulan, mereka akan mulai tengkurap, guling-guling, dan menggerakkan benda ke kanan atau ke kiri.







Saat anak beranjak tumbuh ke usia 6-12 bulan, mereka sudah bisa diajarkan duduk dan diajak bicara sambil melakukan eye contact.

"Ajak ngobrol sesuatu yang simpel kayak bilang mama, papa, dadah, atau yang basic aja," kata Ilham dalam Podcast Aksi Nyata di kanal YouTube Partai Perindo, Jumat (20/10/2023).

Kemudian, ketika anak menginjak usia satu sampai dua tahun, mereka sudah bisa membereskan mainan, corat-coret di kertas, mendengarkan cerita, hingga diajak bernyanyi.

Kemampuan anak akan semakin meningkat kala usianya dua sampai tiga tahun. Si kecil bisa mulai diajarkan untuk memakai baju hingga menyantap makanan di piring sendiri.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More