Bersih dan Sehat! Begini Cara Hilangkan Bau di Rumah

Senin, 30 Oktober 2023 - 21:40 WIB
Foto/MNC Media
JAKARTA - Untuk menjaga kesehatan keluarga, Anda harus tahu cara menghilangkan bau di rumah. Sebab, bau tidak enak adalah salah satu tanda adanya jamur dan bakteri yang berpotensi membahayakan kesehatan penghuni rumah.

Pastikan sirkulasi udara rumah aman bersih dan tidak tersumbat. Jangan lupa untuk membersihkan tempat-tempat lembap di dalam rumah.

Secara berkala, lakukan penyemprotan desinfektan agar tidak ada virus yang dapat menjangkiti penghuni rumah. Bersihkan pula kamar mandi seminggu sekali.

Selengkapnya, berikut ini adalah bahan-bahan dan cara menghilangkan bau tidak sedap di dalam rumah.





Cara Menghilangkan Bau di Rumah

1. Cari Sumber Bau

Cari area lembab seperti kamar mandi dan periksa pertumbuhan jamur di tirai kamar mandi, kebocoran sekitar wastafel, bak mandi dan toilet yang dapat menimbulkan bau tak sedap.

Periksa pula kebocoran di sekitar wastafel, bawah lemari es hingga tempat sampah. Sebab, jamur dapat tumbuh di bawah lapisan kantong sampah lembap. Jangan lupa periksa tempat pakaian dan cucian kotor. Bila sumber bau sudah ditemukan, segera lakukan pembersihan.

2. Periksa Sirkulasi Udara

Bau dalam rumah menandakan adanya kesalahan pada sirkulasi udara. Buka jendela dan pintu serta bersihkan kipas angin. Jangan lupa untuk membersihkan air cooler dan juga air conditionersecara berkala.

3. Gunakan Kapur Barus

Bau tak sedap di dalam ruangan bisa dihilangkan dengan kapur barus atau kamper. Penggunaan kamper atau kapur barus ini sangat efektif dalam mencegah aroma tak sedap di dalam ruangan. Selain itu, kapur barus juga berguna mencegah lembap berlebih di beberapa sudut ruangan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More