10 Cara Terbaik Menanamkan Nasionalisme pada Anak

Sabtu, 08 Agustus 2020 - 10:26 WIB
Sebagai penerus bangsa, jiwa nasionalis harus ditumbuhkan pada setiap anak sejak dini. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan agar anak bisa mencintai bangsa ini. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
SEBAGAI penerus bangsa, jiwa nasionalis harus ditumbuhkan pada setiap anak sejak dini. Jiwa nasionalis yang ditanamkan sejak kecil akan membuat anak semakin mengenal dan mencintai bangsanya. Apalagi sebentar lagi HUT Indonesia ke-75 dirayakan. (Baca juga: 10 Pahlawan Nasional Paling Menginspirasi)

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan agar anak bisa mencintai bangsa ini. Berikut cara tanamkan jiwa nasionalisme paling banyak diajarkan pada anak berdasarkan hasil survei Litbang SINDO Media. (Baca juga: HUT RI Ke-75 Bakal Diwarnai Pembunyian Sirine Serentak di Seluruh Indonesia)

1. Memperkenalkan Sejarah Indonesia



Menanamkan jiwa nasionalis bisa dilakukan dengan mengenalkan sejarah Indonesia. Orang tua bisa membacakan buku cerita tentang perjuangan para pahlawan. Meskipun di sekolah anak akan mendapat pelajaran sejarah tentang Indonesia, tapi orang tua juga bisa mengenalkannya di rumah. (Baca juga: Mengembalikan Identitas Sejati Kota Medan sebagai Kota Perdagangan dan Saudagar)



2. Mengajarkan untuk Menghargai Perbedaan



Indonesia terdiri dari beragam suku, budaya dan agama. Mengajarkan anak untuk bertoleransi akan perbedaan tersebut termasuk dalam salah satu cara menanamkan jiwa nasionalisme. Saat mengajarkan toleransi, orang tua harus terlebih dahulu mencontohkannya kepada anak. (Lihat foto: Layangan Raksasa Sambut HUT Ke-75 Republik Indonesia)

3. Menggunakan Produk Dalam Negeri
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More