6 Khasiat Tak Terduga Biji Pepaya, Salah Satunya Jaga Kesehatan Jantung

Rabu, 08 November 2023 - 07:55 WIB
Biji pepaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Namun sayang, keberadaannya sering disepelekan. Foto/iStock
JAKARTA - Biji pepaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Namun sayang, keberadaannya sering disepelekan. Biasanya buah pepaya akan disajikan tanpa bijinya yang berwarna hitam dan berbentuk bulat kecil-kecil.

Walaupun sering dibuang, namun biji pepaya memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Salah satunya yakni enzim pencernaan seperti papain dan carpain yang dapat menunjukkan sifat antibakteri dan asam lemak seperti asam oleat.

Selain itu, komponen mineral dalam biji hitam kecil ini juga tinggi magnesium, fosfor, dan kalium. Biji tersebut mengandung pula antioksidan seperti senyawa fenolik, yang membantu memerangi radikal bebas dan mengurangi peradangan.







Untuk mengetahui lebih jelas tentang manfaat atau khasiat biji pepaya, berikut rangkuman informasi yang telah dirangkum dari laman Pinkvilla, Rabu (8/11/2023).

1. Kesehatan Pencernaan

Biji pepaya kaya akan serat. Ini membantu pencernaan dan mendorong buang air besar secara teratur. Seperti buahnya, biji pepaya juga mampu mencegah sembelit. Kandungan serat membantu mengatur sistem pencernaan, meningkatkan kesehatan usus secara keseluruhan.

2. Detoksifikasi Hati

Biji pepaya mengandung senyawa bioaktif yang mendukung proses detoksifikasi hati. Mereka membantu menghilangkan racun dari tubuh, meningkatkan kesehatan hati, dan meningkatkan fungsinya secara keseluruhan.

Detoksifikasi biji pepaya terkadang bermanfaat untuk menjaga resistensi insulin tetap terkendali. Ini juga memiliki efek positif pada kesehatan kulit Anda.Perawatan rambut
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More